Kecamatan Tegalwaru Dapat Hibah Caktor dari DLHK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kecamatan Tegalwaru Dapat Hibah Caktor dari DLHK

Kecamatan Tegalwaru Dapat Hibah Caktor dari DLHK

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 14.00.00

TEGALWARU, RAKA - Motor sampahnya ada tetapi tempat membuang sampahnya tidak ada. Tidak mungkin sampah itu dibuang di pinggir jalan atau sungai. Alhasil, supaya tidak ditumpuk di lahan kosong, upaya negosiasipun dilakukan agar diperbolehkan membuang sampahnya ke tempat pembuangan sampah milik orang lain.

Hal itu yang dilakukan Kepala Seksi Kesejahteraan dan Sosial Kecamatan Tegalwaru H. Asep Ghojal Somantri SP. Dia berjanji akan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Cintalaksana yang memiliki Tempat Pembuangan Sampah (TPS). "Mudah-mudahan dengan adanya motor pengangkut sampah bisa menjadi solusi pengambilan sampah. Dan saya akan coba berkoordinasi dengan pemangku wilayah Tempat Pembuangan Sampah yang ada. Kebetulan itu adanya di wilayah Desa Cintalaksana," tandas Asep, Jumat (20/7).

Asep menuturkan becak motor pengangkut sampah hibah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) yang barusan diperoleh kecamatan berbarengan dengan kegiatan Paten dilingkungan kantor Kecamatan Tegalwaru. Hanya saja, kendaraan itupun menjadi kebingungan tersendiri karena sejauh ini pemerintah kecamatan itu sama sekali tidak memiliki Tempat Pembuangan Sampah. Karena itu pula, sebelumnya tidak pernah terpikir untuk berkoordinasi dengan pemangku-pemangku kebijakan pemilik tempat pembuang sampah di wilayahnya. "Memang, sejauh ini belum ada koordinasi karena motor pengangkut sampahnya baru ada sekarang," ucapnya.

Sementara itu petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Tegalwaru, Kajang, mengatakan hal sama. Baginya tidak masalah menjadi operasi motor pengangkut sampah. Tetapi yang jadi masalah justru sampahnya mau dibuang dimana. "Menjadi operatornya sih oke-oke saja tapi kita bingung kemana buang sampahnya karena kita belum memiliki tempat pembuangan sampah akhir," tandasnya.

Meski begitu dikatakan Kajang, soal sampah yang terangkut tidak masalah sepanjang itu sampah dari lingkungan kantor kecamatan, karena bisa ikut dengan pembuangan sampah akhir di wilayah Desa Cintalaksana. Meski untuk itupun, terang Kajang, tetap harus berkoordinasi dulu dengan Pemerintah Desa Cintalaksana supaya mendapatkan izin.

Perlu disampaikan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Karawang memberikan bantuan sepeda motor roda tiga pengangkut sampah kepada pemerintah kecamatan Tegalwaru. Pemberian bantuan dilakukan bersamaan dengan acara Paten yang gelar Pemerintah Kabupaten Karawang di kecamatan itu. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template