Kasus DBD di Nagasari Berkurang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kasus DBD di Nagasari Berkurang

Kasus DBD di Nagasari Berkurang

Written By Admin Raka on Selasa, 10 Juli 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Puskesmas Nagasari gencar melakukan pembinaan terhadap Forum Kelurahan Siaga Aktif di wilayahnya. Melalui forum itu diharapkan kedepannya angka kasus demam berdarah dengue (DBD) bisa ditekan.

Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Nagasari Eni Rohaeni menyampaikan, dari laporan di puskesmas pada 2017 ada sebanyak 20 kasus DBD yang terjadi di wilayah Kelurahan Nagasari. Jumlah itu, terang Eni mengalami penurunan dan hingga per Juni 2018 ini hanya tercatat 6 kasus DBD. "Mudah-mudahan dengan berjalannya Forum Kelurahan Siaga Aktif angka kejadian DBD bisa ditekan," tandas Eni.

Untuk itu, tambah dia, masyarakat harus lebih peduli terhadap ancaman penyakit demam berdarah di lingkungannya masing-masing. "Masyarakat harus lebih peduli dan lebih tanggap serta mampu mengenali serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri, terutama untuk penyakit demam berdarah dengue," katanya kepada Radar Karawang, Senin (9/7).

Disampaikan Eni, dengan menggerakan 3 M menguras setiap penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas diharapkan bisa memutus mata rantai perkembang biakan nyamuk pembawa virus DBD. "Terkadang masyarakat mintanya langsung difogging, padahal yang harus ditekankan itu adalah melaksanakan 3 M," katanya.

Melalui pembinaan Forum Kelurahan Siaga Aktif ini. lanjut Eni, saat ini masyarakat sudah dapat memahami apa saja yang disampaikan oleh petugas kesehatan. Namun yang perlu ditekankan kembali adalah mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Program kelurahan siaga aktif ternyata bisa mencerdaskan masyarakat sehingga membuat masyarakat jadi mengerti dan bisa memecahkan permasalahan di wilayahnya," katanya.

Lurah Nagasari Ade Supardi menyampaikan, dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan kelurahan pihaknya sangat mengapresiasi kinerja petugas kesehatan yang terus membimbing masyarakat untuk hidup sehat. "Selama ini puskesmas kita telah memapas secara dini masalah-masalah kesehatan yang terjadi di wilayah kami. Untuk itu kedepannya kami berharap wilayah kami bisa terbebas dari berbagai persoalan terutama masalah penyakit DBD," ucapnya.

Namun Ade juga mengatakan, dengan masih ditemukannya pasien saat hendak di bawa ke puskesmas, diharapkan jika puskesmaslah yang harus menindaklanjuti pasien tersebut untuk langkah kedepannya. "Kita kordinasi, alhamdulillah puskesmas sudah melakukannya dengan baik. Bahkan saat butuh ambulance juga mereka selalu siap," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template