Kantor Desa Sekarwangi Digeledah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kantor Desa Sekarwangi Digeledah

Kantor Desa Sekarwangi Digeledah

Written By Admin Raka on Jumat, 13 Juli 2018 | 12.15.00

Berkas APBDes tak Ditemukan, Polisi Minta ke Camat Rawamerta

RAWAMERTA, RAKA - Pengelolaan dana desa kembali berujung masalah. Kali ini petugas Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim mendatangi kantor Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta, terkait dugaan korupsi sejumlah proyek infrasturktur, Kamis (12/7) kemarin.

Informasi yang diperoleh, penggeledahan itu polisi menyita laporan pertanggungjawaban dan proposal Desa Sekarwangi. Selain itu, untuk melengkapi berkas dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2016, pembangunan turap sepanjang 350 meter yang belum kunjung rampung meski tahun berjalannya sudah selesai, dan penyaluran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kasatreskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng mengatakan, pembangunan turap yang anggarannya bersumber pada Dana Desa tahap kedua tahun 2017 sebesar Rp 458 juta. "Sedangkan untuk kerugian negara masih dalam tahap perhitungan," ujarnya kepada wartawan.
Ia melanjutkan, berdasarkan peyidikan investigatif kerugian negara mencapai Rp 94 juta. Sementara untuk dugaan korupsi pembangunan gedung Pendidikan Usia Dini (PAUD) sebesar Rp 80 juta dan penyaluran BUMDesa Rp 12 juta, pihaknya belum bisa menyebutkan. 

Sementara itu, Camat Rawamerta AJ Koswara mengatakan, berkas yang dicari polisi tidak ditemukan di kantor Desa Sekarwangi. Mereka akhirnya mendatangi kantor Kecamatan Rawamerta untuk meminta berkas dana desa yang belum sempat terselesaikan tersebut. Menurutnya, ada tiga unit kendaraan roda empat yang digunakan petugas Tipikor saat mendatangi kantornya. "Tipikor minta salinan data dana desa ke kepala seksi pemberdayaan mayarakat dan desa Kecamatan Rawamerta, karena tipikor tidak menemukannya di kantor Desa Sekarwangi,” ujar Koswara kepada Radar Karawang.

Namun ketika ditanyai tentang kasus apa yang menjerat Desa Sekarwangi, Koswara tidak bisa menjelaskan secara rinci. Dia berdalih, kasus yang menjerat pemerintah Desa Sekarwangi tersebut muncul sebelum dirinya menjadi orang nomor satu di Kecamatan Rawamerta.  “Kalau secara rinci kasusnya apa saya gak tau, karena kan saya baru di Rawamertanya juga,” ucapnya.
Hingga berita ini diturunkan, Sekretaris Desa Sekarwangi Ating tidak bisa dihubungi. Nomor handphonenya dalam keadaan tidak aktif. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template