Kampung Cinaga Dilanda Kekeringan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kampung Cinaga Dilanda Kekeringan

Kampung Cinaga Dilanda Kekeringan

Written By Admin Raka on Senin, 23 Juli 2018 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Warga Kampung Cinaga, Desa Kutalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Minggu (22/7) siang, sontak berteriak dan menyangka kehadiran Radar Karawang akan memberi bantuan air. Teriakan itu sekaligus memperlihatkan kondisi sesuangguhnya di kampung itu kalau saat itu mereka sangat berharap adanya bantuan air bersih. 

"Ada apa pak! Mau beri bantuan air?!" teriak Anoh (44) warga Kampung Cinaga. Sudah dua pekan ini mereka mengalami kesulitan air bersih. Sementara sebagian warga yang mampu membeli air dengan bantuan jerigen dan ember dari pengecer air, meski untuk kebutuhan mencuci pakaian masih tetap mencari sumber air dan sungai terdekat.

Anoh menerangkan, dirinya sering membeli air ke pengecer air. Harga per toren Rp 50.000. Bagi yang punya duit lebih tidak masalah tetapi bagi warga yang hidupnya pas-pasan seperti dirinya tentu itu masalah. "Kalau yang disumurnya masih ada masih bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun hampir keseluruhan wilayah Dusun Cinaga kesulitan air. Saya fikir, akang mau beri bantuan air bagi warga disini, karena hingga kini belum ada bantuan yang datang," tuturnya.

Hal senada pun di utarakan Anwar (34) warga yang juga pedagang bubur keliling. Hampir setiap tahun kampung Cinaga mengalami kesulitan air. Sampai sekarang belum ada solusi nyata bagaimana menangkal kesulitan air disana. Dirinya pun berharap ada pemecahan jangka panjang akan kesulitan air yang tiap tahun dialami oleh warga Dusun Cinaga.  "Adanya bendungan Jungkur di desa kami pun sama kondisinya. Kalau musim kemarau airnya surut nyaris kering," ucapnya.

Pantauan Radar Karawang warga yang menjual jasa sebagai pengecer air menggunakan mobil yang sudah dimodifikasi dengan bak terbuka. Kendaraan itu membawa toren besar penampung air lalu menggunakan pompa air dengan tenaga air daya listrik dari mobil untuk bisa memompa air, memindahkannya ke toren warga. Untuk memudahkan warga juga menyimpan toren di pinggiran jalan dekat dengan rumah agar memudahkan pengisian dan pengambilan air. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template