Kampung Bakan Harendong Kekeringan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kampung Bakan Harendong Kekeringan

Kampung Bakan Harendong Kekeringan

Written By Admin Raka on Selasa, 17 Juli 2018 | 13.45.00

TEGALWARU, RAKA - Warga di Kampung Babakan Harendong, Desa Cintalanggeng, Kecamatan Tegalwaru mulai mengalami kesulitan air bersih. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan minum saja mereka terpaksa membeli air kemasan.

Seperti dituturkan Adim (37) warga Kampung Babakan Harendong, dirinya selalu kesulitan air setiap memasuki musim kemarau. Air di sumurnya biasanya melimpah mendadak kering. Denikian pun sumur warg-warga yang lain juga kering. Kalau pun ada yang masih mengeluarkan air itupun warnanya kekuningan, sehingga tidak bisa di masak untuk diminum. 

"Untuk mencuci pakaian saja warga disini harus pergi ke sungai Cigeuntis di Desa Mekarbuana yang jaraknya hampir 3 km. Sementara bantuan air bersih dari tanki-tanki biasa dikirim oleh pemerintah pun kini sudah jarang," ucapnya. Padahal, lanjut dia, biasanya setiap musim kemarau banyak yang datang memberi bantuan. 

Sementara Elis  (30) warga lainnya mengatakan jika musim kemarau berlangsung lama maka warga sudah pasti kesulitan memperoleh air bersih. Saat ini, katanya warga sekitar yang masih memiliki air bersih di sumurnya menjadi sasaran warga untuk mendapatkan air. "Kalau musim kemarau panjang, air di sumur kering jadi harus mencari air di sumur yang sumber mata airnya masih ada," terang Elis dan menambahkan jika air bersih tidak ada di sumur atau di sumber mata air maka dirinya mengambil air di Sungai Cigentis.

Kekeringan di wilayah itu sudah berlangsung dari 2016 lalu. Pemerintah Karawang sendiri kerap memberikan bantuan pasokan air bersih bagi warga sekitar untuk mengatasi kekeringan. Kepala seksi Kesejahteraan dan sosial Kecamatan Tegalwaru H. Asep Ghozali SP ketika dikonfirmasi perihal itu mengemukakan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi kekeringan di musim kemarau. "Daerah mana yang paling kering, kita menyuplai air bersih. Diharapkan masyarakat juga mencari peluang air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template