Kades tak Bisa Seenaknya Ganti Perangkat Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades tak Bisa Seenaknya Ganti Perangkat Desa

Kades tak Bisa Seenaknya Ganti Perangkat Desa

Written By Admin Raka on Jumat, 20 Juli 2018 | 16.30.00

TIRTAJAYA, RAKA- Meskipun duduk sebagai pucuk pimpinan di desa, kini kebijakan kepala desa dalam melakukan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa tidak bisa seanaknya. Hal itu disebutkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 67 Tahun 2017, yang merupakan perubahan atas Permendagri Nomor 83 Tahun 2015.

Sekretaris Desa Sabajaya, Aan Karyanto menyampaikan, hasil rapat kerja teknis tentang kebijakan perangkat desa dan struktur organisasi pemerintahan desa yang digelar di Jakarta bahwa, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa tidak bisa dilakukan oleh kades secara sepihak. "Budaya di kita jika pergantian Kades, perangkat desa pun ikut diganti. Padahal dari peraturan kemendagrinya tidak dibenarkan," tegas lelaki yang biasa di sapa Pikal tersebut, saat dihubungi Radar Karawang, Kamis (19/7).

Disebutkannya, Kades dapat memberhentikan perangkat desa setelah berkonsultasi dengan camat atau perangkat desa dapat diberhentikan jika usianya telah genap 60 tahun, dinyatakan sebagai terpidana paling singkat dengan ancaman hukuman 5 tahun, berhalangan tetap, tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai perangkat desa dan melanggar larangan sebagai perangkat desa. "Itu tertera dalam pasal 5 Permendagri Nomor 67 Tahun 2017. Jadi kades tidak bisa semena-mena," katanya.

Adapun tindakan yang terlanjur menjadi budaya di setiap desa di Kabupaten Karawang. Maka jelas melanggar ketetapan Permendagri tersebut. "Justru budaya tersebut harus dihilangkan dan peraturan harus ditegakkan," tegas Pikal. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template