Kades Alokasikan Dana Desa Buat Sumur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Alokasikan Dana Desa Buat Sumur

Kades Alokasikan Dana Desa Buat Sumur

Written By Admin Raka on Senin, 09 Juli 2018 | 15.30.00

TELAGASARI, RAKA - Masyarakat Desa Ciwulan sulit mendapatkan air layak konsumsi dari sumur-sumur biasa. Pasalnya, butuh kedalaman minimal 90 meter untuk menembus lapisan cadas agar air sumur yang keluar bisa layak diminum.

Berdasarkan pertimbangan itu, Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2018 di desa ini dialokasikan untuk pembangunan dua titik sumur layak konsumsi bagi ratusan masyarakat yang selama ini mendapati air dengan dirigen di sumur-sumur yang aksesnya cukup jauh.  Tak heran, penambahan sumur dari Dana yang bersumber dari APBN tersebut membuat sebagian masyarakat Ciwulan guyub selametan menyambut infrastruktur yang benar-benar dibutuhkan tersebut.

Warga Dusun Poponcol RT 05/02 Desa Ciwulan Tika (35) mengatakan, ia merelakan sebagian kebunnya untuk dibangun sarana sumur layak konsumsi bagi ratusan masyarakat yang selama ini cukup jauh untuk mendapati air tersebut. Sebab, untuk keperluan mandi, mencuci dan lainnya, memang sudah ada di sumur masing-masing rumah warga yang kedalamannya sekitar belasan meter saja, namun rasanya asin keset seperti air sumur yang berlokasi di pesisir pantai.

Dikatakan, alasan Cadas atau bebatuan dalam tanah di Desa Ciwulan ini yang membuat air yang layak konsumsi itu jarang ditemui, kecuali harus ngebor dengan kedalaman minimal 90 meter. Biayanya, tidak cukup menelan  Rp 5 juta, sehingga hanya sumur masyarakat menengah atas saja yang airnya sudah layak konsumsi. Sementara yang tidak punya, harus antre ke sumur-sumur yang dibangun pemerintah bertahap setiap tahun di beberapa lokasi. "Beda dengan desa lainnya, Ciwulan ini memang perlu penambahan sumur-sumur layak konsumsi seperti ini, sumur biasa mah asin dan keset," katanya.

Tika menambahkan, butuh waktu dua Minggu lebih untuk ngebor tanah dan membangun zetpam air bersih dan layak konsumsi ini, ia bersyukur, Pemerintah Desa sudah alokasikan bantuannya untuk menambah sumur ini di tengah masyarakat RT 05/02. Wajar saja, masyarakat menyambutnya dengan guyub selama masa pembangunan, walaupun untuk sekedar makan, minum dan ngopi para pekerja.
Bahkan, diakhir pembangunan, sebagai ungkapan wujud syukur, masyarakat Dusun Poponcol 1 RT 05/02 ini menggelar selametan dilokasi sumur yang sudah selesai dibangun, dengan harapan, airnya bisa bermanfaat bagi masyarakat juga stok air hasil pengeboran juga terus melimpah. " Setelah syukuran, kita tinggal merawat hasil pembangunan sumur ini, agar selalu terjaga dan awet karena akses masyarakat Poponcol 1 semakin dekat," ucapnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan Telagasari, Didin Sakri Khaerudin mengatakan, total dana desa yang akan mengguyur desa Ciwulan tahun 2018 ini sebesar Rp 950.537.400. Saat ini, sumber APBN tersebut baru turun tahap 1 dengan besaran Rp 188.107.480 yang alokasinya selain sumur layak konsumsi di dua titik, juga untuk TPT Jalan, pengerasan sirtu bahu jalan dan perencanaan desa.

Khusus sumur ini sebut Didin, dianggarkan masing-masing sebesar Rp 32.305.000 pertitik, sebab, selain di Poponcol 1 RT 05/02, juga masih tahap pengerjaan dilokasi lainnya di Dusun Poponcol 2. Ia mengira -ngira, hanya di Desa Ciwulan saja, Dana Desa yang sasaran infrastruktur salah satunya untuk pembangunan sumur layak konsumsi yang selain ke TPT, Pengerasan maupun jalan seperti desa lainnya. "Sumur dua titik untuk tahap pertama ini, karena memang mendesak diperlukan penambahan sumur-sumur layak konsumsi di Ciwulan ini untuk mendekatkan akses masyarakat," ucapnya.

Kades Ciwulan, Asep Tarwan mengatakan, pihaknya faham betul kondisi tanah di desanya. Walaupun jauh dari pantai atau laut, tetapi herannya, air yang disedot dengan kedalaman belasan meter rasanya asin dan keset, sehingga hanya cukup untuk keperluan mandi dan mencuci saja, tidak untuk di konsumsi. Karenanya, penambahan sumur layak konsumsi dengan kedalam hampir 100 meter ini diperlukan, untuk mempermudah akses masyarakat mendapati air konsumsi lebih dekat dari beberapa titik yang sudah ada.

"Keberadaan sumur ini sangat mendasar, karena memang yang benar-benar dibutuhkan oleh warga," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template