Jumlah Pelamar Kerja Pemula di Tegalwaru Naik 80 Persen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jumlah Pelamar Kerja Pemula di Tegalwaru Naik 80 Persen

Jumlah Pelamar Kerja Pemula di Tegalwaru Naik 80 Persen

Written By Admin Raka on Selasa, 24 Juli 2018 | 14.00.00

TEGALWARU ,RAKA - Pemohon pembuatan kartu kuning di Kecamatan Tegalwaru mengalami peningkatan. Sebelumnya paling banyak 10 pemohon dalam sehari tetapi sejak sepekan terakhir jumlah itu membengkak tiga kali lipat menjadi 30 pemohon setiap hari.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Umum (Yanum) Kecamatan Tegalwaru H. Yudi Darmawan SH kepada Radar Karawang, Senin (23/7) pagi. Yudi mengatakan kemungkinan pembengkakan pemohon kartu kuning itu bertepatan dengan banyaknya lulusan SMA yang memilih bekerja ketimbang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di wilayah Kecamatan Tegalwaru.
Sementara kartu kuning merupakan diantara syarat lamaran pekerjaan yang mesti dilampirkan pencari kerja selain syarat-syarat yang lain. "Kenaikan jumlah pemohon rata - rata usia pemula atau yang baru lulus sekolah tahun ini. Mereka hampir setiap hari datang membuat kartu kuning sebagai syarat melamar kerja," terang Yudi. 

Meski terjadi fluktuatif jumlah pemohon  tetapi dipastikan setiap hari 20 sampai 30 orang pencari kerja pemula yang membuat kartu kuning. Selain itu pemohon yang untuk keperluan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi juga ada tetapi sedikit, itupun untuk kelengkapan administrasi pendaftaran anggota calon anggota polisi dan  TNI.

"Prediksi kami sebulan ke depan jumlah pembuatan kartu kuning akan semakin membengkak,” kata Yudi.

Berdasarkan data yang masuk database pembuatan kartu kuning mencatat 80% pemohon kartu kuning merupakan pelajar lulusan 2018, dan sisanya ada juga yang lulusan 2017 dan 2016. Untuk mempermudah pemohon mengurus kartu kuning pihaknya, jelas Yudi, telah mensosialisasikan tata cara pembuatan kartu kuning di loket-loket pelayanan dan papan pengumuman.

"Informasi cara pembuatan kartu dan syarat-syaratnya bahkan diumumkan juga melalui media sosial. Persyaratan dimaksud, yakni foto kopi KTP dan ijazah, serta pas foto berukuran 3x4 cn," ucap Yudi dan berharap para pemohon selanjutnya dapat diterima di perusahaan yang dituju, sehingga mampu menyelaraskan tingkatan kerja dengan lapangan kerja yang ada.

Sementara salah sekorang pemohon Andriyansyah (19) warga Desa Cigunungsari membenarkan dirinya tengah membuat kartu kuning guna melengkapi administrasi pengajuan lamaran ke beberapa tempat kerja yang ditujunya. Dirinya ke pelayan umum kecamatan Tegalwaru bersama rekan satu angkatan sekolahnya. "Kami bertiga berniat mencari kerja jadi terlebih dulu membuat kartu kuning. Sejauh ini pelayanan berjalan baik dan dari sini kami rencananya akan coba melamar ke perusahaan di kawasan industri untuk melamar kerja," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template