Jangan Sepelekan Peran Orang Tua - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jangan Sepelekan Peran Orang Tua

Jangan Sepelekan Peran Orang Tua

Written By Admin Raka on Senin, 30 Juli 2018 | 14.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak tidak bisa disebut sepele, karena pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman.

Hal itulah dibahas saat Seminar dan KKN Tematik Universitas Buana Perjuangan (UBP) Di wilayah Desa Parungsari bekerjasama dengan Motivator ketahanan keluarga (Motekar) Kecamatan Telukjambe Barat di Madrasah Assu'ada,  Dusun Leuwiasem Desa Parungsari, Telukjambe Barat.

Seperti diutarakan pemateri Koordinator KKN Tematik UBP, Feri Rizwan tentang pola hidup sehat dan pola asuh anak yang baik, kalau anak merupakan masa depan keluarga bahkan bangsa. Karenanya perlu dipersiapkan agar menjadi manusia berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi dirinya, keluarga dan bangsanya. "Anak harus perlu dipersiapkan sejak dini agar mereka mendapatkan pola asuh yang benar, saat mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Pola asuh yang baik menjadikan anak berkepribadian kuat, tak mudah putus asa, dan tangguh menghadapi tekanan hidup," ucap Feri.

Pola asuh anak yang baik dapat membantu menumbuhkan rasa empati, kejujuran, kemandirian, pengendalian diri, kebaikan, kerja sama, dan keceriaan. Selain membantu melindungi anak-anak dari kecemasan, depresi, gangguan makan, perilaku antisosial, dan penyalahgunaan alkohol atau narkoba. "Beberapa macam pola asuh anak yang perlu diketahui, diantaranya pola asuh otoriter, pola asuh permisif, pola asuh otoritatif, dan acuh tak acuh," kata Feri lagi.

Hal senada dikatakan Kepala Sekolah Madrasah Assu'ada H. Irawan, mahasiswa KKN harus mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui implementasi ilmu pengetahuan yang dimiliki. KKN merupakan salah satu ajang mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah secara langsung kepada masyarakat.

"Selain membantu pemerintah, bagi mahasiswa KKN bisa mendapatkan pengalaman baru dan menjalani kehidupan sebenarnya di masyarakat. KKN memberi kemanfaatan bagi kedua belah pihak. Untuk pemerintah sendiri maupun mahasiswanya," ucap Irawan. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template