Ispa Penyakit Ranking 1 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ispa Penyakit Ranking 1

Ispa Penyakit Ranking 1

Written By Admin Raka on Rabu, 04 Juli 2018 | 17.30.00

Cegah Penyebaran Virus dengan PHBS

KOTABARU, RAKA - Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa) merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ngetrend di UPTD Puskesmas Kotabaru. Pasalnya, dari puluhan pasien yang datang ke tempat tersebut, penyakit itulah yang paling banyak diderita oleh pasen.

"Penyakit Ispa banyak diderita oleh pasien yang datang ke Puskes Kotabaru," ucap Kepala UPTD Puskesmas Kotabaru dr. Sari Astuti, kepada Radar Karawang, Selasa (3/7) kemarin.

Menurutnya, hal itu disebabkan karena penyakit tersebut merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular. Maka tidak heran jika banyak menderita penyakit Ispa. "Soalnya, penyakit ini mudah menular. Penyebab seseorang terkena penyakit ini di karenakan beberapa faktor," katanya.
Masih dikatakannya, jika ada seseorang terserang penyakit tersebut. Disarankan untuk menghindariya, dikhawatirkan virusnya menyebar dan bisa menular. "Jika daya tahan tubuh lemah, maka akan mudah tertular," tuturnya.

Lanjut Sari, Untuk menghindari penyakit tersebut, harus bisa menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Jangan mengkonsumsi makanan sembarangan (Makan buah-buahan), rajin berolahraga, dan disarankan sebelum makan harus cuci tangan. Dengan begitu, maka akan terhindar dari berbagai jenis penyakit," katanya.

Saat Radar Karawang, meminta data rekapitulasi jenis penyakit. Kepala UPTD Puskesmas menyampaikan, setiap bulan pihaknya selalu merakap jumlah pengunjung dan jenis peyakit yang diderita oleh pasin. Akan tetapi bulan sekarang belum dikerjakan, karena terbentur dengan beberapa faktor, selain itu petugasnya tidak ada di tempat. "Untuk data kami belum bisa kasihkan, karena petugasnya lagi ada rapat di Dinas Kesehatan Karawang. Yang pasti, dalam setiap hari, pengunjung yang datang ke tempat ini, bisa mencapai 80 sampai 100 pengunjung, dan penyakit yang diderita paling banyak penyakit ispa," pungkasnya.

Pantauan Radar Karawang, salah satu Puskesmas yang ada di Kecamatan Purwasari itu sekitar pukul 11.00 Wib suasana pengunjung tidak banyak, bahkan cenderung sepi. Karena hanya ada segelintir orang yang berobat ke Puskesmas tersebut. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template