Honor Linmas Rp 125 Ribu Dianggap Sudah Tinggi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Honor Linmas Rp 125 Ribu Dianggap Sudah Tinggi

Honor Linmas Rp 125 Ribu Dianggap Sudah Tinggi

Written By Admin Raka on Jumat, 06 Juli 2018 | 12.15.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Honor dan kesejahteraan Linmas di Kabupaten Karawang hanya Rp 125 ribu per bulan. Tapi diklaim Kabid Linmas Pol PP Karawang Supriyatna cukup tinggi dibanding kabupaten/kota tetangga. 

Ia mengungkapkan, jumlah Linmas di Karawang sebanyak 3.090 orang, sejauh ini baru diberikan honor pembinaan dari Mako Satpol PP sebesar Rp 125 ribu dan Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 175 ribu per bulan.  Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar hearing dengan DPRD Karawang dan mengusulkan tambahan kenaikannya minimal Rp 50 ribu, sehingga dari ADD bisa bertambah dari Rp 175 ribu menjadi Rp 225 ribu per bulan. "Melihat tupoksi Linmas selama ini harus ada kenaikan, hanya naiknya 50 ribu per orang, jika dikalikan 12 bulan menjadi Rp 600 ribu. Dikalikan 3.090 Linmas sudah berapa miliar per tahunnya," ungkap Supriyatna.

Bahkan klaim Supriyatna, walaupun terlihat masih jauh dari UMK, tapi secara nominal honor Linmas Karawang masih tertinggi dibanding kabupaten/kota tetangga seperti Purwakarta dan Subang. Apalagi, ditambah dengan honor dari Dana Bagi Hasil (DBH). "Memang nampaknya masih kecil, tapi honor itu masih lebih tinggi dibanding kabupaten/kota tetangga," katanya saat Pembinaan Linmas di Kantor Kecamatan Lemahabang.

Kasubag Program dan Pelaporan Mako Satpol PP Asep Vivar mengatakan, dalam waktu dekat akan hearing dengan DPRD. Satu poin yang akan jadi usulan dan bahan yang akan diperjuangkan adalah penambahan honor Linmas. Sebab, selama ini Linmas baru dihonor dari ADD Rp 175 ribu, Mako Satpol PP Rp 125 ribu dan dari DBH dengan besaran yang variasi setiap desanya. Ia mewanti-wanti kenaikan honor yang diberikan itu hanya untuk Linmas inti yaitu 10 orang di setiap desa dan kelurahan. Sementara desa-desa pada umumnya memiliki Linmas lebih dari 15 orang. Seperti di Pulokalapa misalnya, sampai 24 orang. Untuk mensiasati honornya menjadi tanggung jawab kades, dimana honor linmas dari setiap mata anggaran harus dipastikan sampai kepada haknya. "Jangan sampai ada istilah kades menahan honor Linmas atau memotongnya. Sebab, sudah sedikit nominalnya, masih dipersulit oleh pemerintahan desa," tuturnya.

Asep meminta kepada semua Kasie Trantib agar menyampaikan kepada kades saat rapat minggon di kecamatan, agar honor Linmas dari ADD jangan sampai ditunda atau ada potongan apapun dengan alasan apapun. "Bahkan bila perlu secara bertahap para kades harus menginisiasi pemberian seragam linmas, minimal dua bulan dua linmas. Karena kebanyakan seragamnya sudah beberapa tidak layak digunakan," ujarnya.

Kasie Trantib Kecamatan Lemahabang Indra Kelana mengatakan, Linmas bebas berkonsultasi saat pembinaan bersama pejabat Satpol PP, termasuk soal seragam dan keikutsertaannya dalam Diklatsar dan program Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan dilaksanakan beberapa minggu kedepan. Ia apresiasi kekompakan dan semangat Linmas di Lemahabang masih terjaga dengan baik. Diharapkan, pengamanan dan Tupoksi Linmas bisa dipahami menyeluruh para anggota Linmas dari 11 desa ini. "Kita beri kesempatan keleluasaan Linmas berkonsultasi segala hal dalam pembinaan kali ini," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template