Hari Anak Nasional, RSIA Cikampek Gelar Seminar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hari Anak Nasional, RSIA Cikampek Gelar Seminar

Hari Anak Nasional, RSIA Cikampek Gelar Seminar

Written By Admin Raka on Senin, 23 Juli 2018 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sentul Cikampek menggelar seminar kesehatan anak dengan tema Tuberkulosis (TB) pada anak, Sabtu (21/7) di lantai tiga Ruang Auditorium RSIA Sentul Cikampek.

Direktur RSIA Sentul Cikampek, dr.H. Budi Santoso, SpOG, MMRS. mengatakan, kegiatan seminar dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah anak Indonesia anak Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat (GENIUS). "Maka salah satunya kami mendukung di bidang kesehatan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat awam," ujarnya.

Ia mengatakan, tingginya tingkat penyakit TB pada anak menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi digelarnya seminar tersebut. "Setiap hari selalu ada anak yang didiagnosa penyakit TB," paparnya.

Menurutnya, selain dalam rangka mempromosikan rumah sakit, diadakannya kegiatan seminar tersebut juga bertujuan untuk mendekatkan RSIA Sentul Cikampek dengan masyarakat. Agar tidak ada pengahalang antara masyarakat dengan pihak rumah sakit. "Kami selalu mengadakan kegiatan seminar setiap tiga bulan sekali, baik untuk kesehatan ibu maupun kesehatan anak," tambahnya.

Menurut Budi, dengan diselenggarakannya seminar tersebut, ia berharap bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan, khususnya penyakit TB pada anak. Selain itu ia juga berharap masyarakat lebih sadar terhadap kesehatan dan melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit lebih awal. Karena biasanya penyakit TB pada anak diakibatkan penularan dari orang dewasa. "Masyarakat diharapkan segera melakukan pengobatan jika sudah terdapat ciri-ciri penyakit TB pada anak. Karena pengobatan sejak awal bisa lebih mudah disembuhkan," ujarnya.

Masih dikatakan Budi, Kegiatan seminar kesehatan merupakan kegiatan rutin yang selalu digelar untuk mempromosikan RSIA SentulCikampek. Kegiatan tersebut diikuti oleh 200 orang peserta dari berbagai kalangan dan dibuka untuk umum bahkan dari luar kota. Peserta yang mengikuti dari kalangan sekolah, majelis, masyarakat umum, dan berbagai instansi. "Peserta tidak dipungut biaya sama sekali, karena ini merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan," jelasnya.

Sri Komiati (35), peserta seminar mengatakan, sangat antusias mengikuti seminar yang diadakan di RSIA Sentul Cikampek. Dia sudah dua kali mengikuti seminar kesehatan di RSIA Sentul Cikampek. "Saya senang ikut seminar disini, agar saya tau perkembangan dan kondisi kesehatan anak," ujarnya.

Peserta lain, Siti Maryam yang datang dari Desa Pangulah Baru, mengatakan, sangat senang bisa mengikuti kegiatan seminar yang digelar oleh RSIA. Alasan ia mengikuti seminar karena ingin mendapatkan pengetahuan tentang TB pada anak. Ia berharap dengan mengikuti seminar akan mendapat pemahaman dan pengetahuan tentang ciri-ciri penyakit TB pada anak dan tau pencegahannya. "Saya daftar sendiri langsung via WhatsApp," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template