Guru Perlu Adaptasi dengan Dunia Kerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Perlu Adaptasi dengan Dunia Kerja

Guru Perlu Adaptasi dengan Dunia Kerja

Written By Admin Raka on Selasa, 10 Juli 2018 | 14.00.00

PANGKALAN, RAKA - Kekhawatiran pihak sekolah anak didiknya menjadi bagian penambahan angka pengangguran setiap tahun sampai sekarang masih menjadi persoalan internal sekolah. Karenanya, agar tidak menjadi bagian angka itu pihak sekolah mengharuskan siswanya belajar kerja melalui program Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Hal itu dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Al-Khoir Tegalwaru. Melalui program itu diharapkan siswa lulusan SMK itu bisa langsung bekerja di perusahan-perusahaan. Semakin banyak yang terserap makin baik untuk perkembangan dunia pendidikan. Guna meraih target itu SMK IT Al Khoir Tegalwaru menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Pangkalan untuk praktek kerja lapangan.

Kerjasama ini diwujudkan dalam pendidikan latihan (diklat) peningkatan kompetensi selama tiga bulan di Kantor Pemerintah Kecamatan Pangkalan. Selain upaya menyiapkan siswa agar dapat menjawab tantangan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri kerja. "Lulusan SMK memang diharapkan siap untuk bekerja. Sayangnya, belum semua lulusan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan," ucap Camat Pangkalan H. Usep Supriatna Msi, baru-baru ini.

Masih dikatakan Camat Usep, dengan alasan minimnya keterampilan calon tenaga kerja itu, makanya perlu ada sinkronisasi materi pembelajaran di sekolah dengan kebutuhan praktek kerja lapangan, sehingga siswa tidak kaget menghadapi dunia kerja terutama pada program kejuruan pemasaran begitu menyelesaikan sekolahnya. "Hal tidak kalah penting para guru harus menguasai materi, maupun teknis kerja dilapangan, dan Perkantoran juga Multimedia. Mereka harus bisa beradaptasi minimal dengan dunia kerja yang dihadapinya, sehingga dalam kenyataannya mereka siap pakai untuk bekerja," kata Usep.

Masih ditegaskan Usep, Pemerintah Kecamatan Pangkalan selama ini menjadi salah satu pengguna siswa dari SMK untuk praktek kerja lapangan. Justru dengan langsung berhadapan dengan dunia kerja membuka peluang bagi siswa dan tertarik akan kinerja di pemerintahan. Hal ini merupakan bagian komitmen dan kepedulian pemerintah Kecamatan Pangkalan terhadap dunia pendidikan.
"Keterampilan hanya didapatkan melalui praktek. Salah satunya PKL. Diharapkan dengan mengikuti praktek kerja lapangan di kantor kecamatan Pangkalan, siswa menjadi terbiasa, terlebih pelayanan kepada masyarakat, jadi bisa tahu lebih detail mengenai lingkungan kerja bidang pelayanan," tegasnya.

Senada itu, Sekretaris Kecamatan Pangkalan Bunawan SH menjelaskan, peningkatan kompetensi siswa dapat mempengaruhi kualitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMK. Jika KBM berjalan baik dan efektif, para siswa dapat menyerap ilmu dengan mudah. Begitu juga saat siswa lakukan praktek di dunia kerja. Saat ini, lanjut dia Sekolah SMK merepresentatif pelajar, tidak semuanya bisa melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi sehingga SMK menjadi sekolah yang menyediakan tenaga siap pakai. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template