Guru Dilatih Kepramukaan Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Dilatih Kepramukaan Lagi

Guru Dilatih Kepramukaan Lagi

Written By Admin Raka on Minggu, 29 Juli 2018 | 13.30.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Sebanyak 32 peserta dari SD, SMP, SMK, SMA, se- Kabupaten Karawang, mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML), dari Senin (23/7) hingga Sabtu (28/7) hari ini di SMK PGRI 3 Karawang. KML ini untuk meningkatkan kualitas, pemahaman dan penguasaan materi kepramukaan.

Pengurus ranting Rengasdengklok, Wawan Gunawan mengatakan, KML ini upaya untuk meningkatkan kualitas, pemahaman dan penguasaan materi didik kepramukaan kepada para pembina pramuka. “Kami aktif mengadakan program kursus bagi pembina pramuka, karena ini sangat penting untuk mengasah sumber daya manusia (SDM), sekaligus membangun peserta didik yang berkualitas tentu harus menciptakan pembina yang baik dulu,” ucapnya, Jumat (27/7) kemarin.

Selain itu, kegiatan ini dianjurkan karena sistem pendidikan saat ini menggunakan kurtilas di sekolah masing-masing, sehingga mewajibkan seluruh peserta didik menjadi seorang pramuka. Maka dari itu, seorang pembina yang belum mempunyai legalitas di bidang kepramukaan dituntut agar mengikuti pelatihan ini. "Tak hanya legalitas, dalam segi pengetahuan dan mental seorang pembina dapat terlatih lagi dan lebih matang dalam memberikan materi kepada peserta didik," paparnya.

Peserta dari gudep SMPN 2 Rengasdengklok, Ruhiyatna S.Pd mengatakan, peserta dilatih untuk memahami konsep yang sangat mendasar, seperti AD/ART, kode etik dan prinsip-prinsip dasar kepramukaan. pemahaman yang benar tentang kepramukaan, peserta kursus diharapkan mampu menjelaskan secara detail ke semua binaan di gugus depan masing-masing dengan benar dan tepat. "Empat prinsip dasar yang dimaksud adalah iman dan taqwa terhadap Tuhan YME, peduli bangsa dan negara, sesama manusia dan alam seisinya, peduli kepada diri pribadi dan taat pada kode kehormatan pramuka. Kami banyak belajar dari kegiatan ini, dari mulai membangun mental hingga mengetahui cara bagaimana bertahan hidup di luar lingkungan," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template