Gurame Goreng Empang Sari Rasanya Nampol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gurame Goreng Empang Sari Rasanya Nampol

Gurame Goreng Empang Sari Rasanya Nampol

Written By Admin Raka on Minggu, 22 Juli 2018 | 11.00.00

TEGALWARU, RAKA - Penggemar gurame goreng sebaiknya mampir ke rumah makan Empang Sari di Kampung Parakanbadak, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru. Gurame manisnya segar dengan balutan bumbu yang aduhai rasanya. Belum lagi gurame bakar dan nasi liwet yang dijamin bikin keringat berlelehan. Sementara semilir angin dan suara gemericik air di Empang sari menjadi pengiring santapan yang enak ini.

Sesuai namanya yang memakai kata kolam renang Empang sari dan resto itu, memang jauh dari kesan bangunan modern yang biasa ditemui pada restoran lain. Tempat makan itu pun dengan gaya lesehan. Tempat makan yang bernuansa bambu. Letaknya persis di atas empang yang penuh ikan dan menghubungkan ke gubuk-gubuk lainnya yang tersebar di kiri kanan.

Achmad Fauzi Alamsyah, owner Empang Sari Mas mengatakan, di tempat itu menghadirkan beragam menu pilihan yang bisa menjadi pilihan bersantap bersama teman atau keluarga. Rasanya yang lezat di lidah dan ukuran per porsinya yang cukup besar, membuat tempat ini banyak dikunjungi keluarga. Dirinya pun menuturkan pengunjung bisa merasakan nasi liwet nasi putih plus sambal dan teh manis. Untuk sambalnya, ada empat jenis yang bisa dipilih yaitu sambal terasi, sambal mangga, sambal rica, dan sambal kecap. Satu hidangan unggulan yang menurut dirinya patut dicoba yaitu ikan gurame saus asam manis. Satu porsi ikan ini bisa dimakan hingga bertiga. "Untuk membuat ikan gurame saus asam manis, sudah mempunyai standar yaitu ikan yang digunakan ukurannya di kisaran 600 sampai 700 gram. Ukuran yang pas membuat rasa ikan lebih enak," ungkapnya kepada Radar Karawang, kemarin.

Hidangan ini bertambah istimewa karena saus asam manisnya membuat ketagihan. Untuk sausnya, mereka memproduksi sendiri. Jadi rasanya khas. Selain ikan gurame asam manis, berbagai olahan ikan gurame juga tersedia. Seperti gurame goreng terbang, gurame bakar, dan gurame pesmol.

Selain itu juga , kata Achmad, ikan gurame asam manis mengandung energi sebesar 192 kilo kalori, protein 12,7 gram, karbohidrat 12,7 gram, lemak 10,1 gram, kalsium 283 miligram, fosfor 169 miligram, dan zat besi 1,1 miligram. Selain itu juga mengandung vitamin A sebanyak 63 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0 miligram untuk 100 gram ikan gurame. Informasi rinci kandungan nutrisi atau gizi pada ikan gurame asam manis dengan berat 100 gram adalah jumlah kandungan energi mencapai 192 kkal, protein sebanyak 12,7 gr, karbohidrat 10,1 gr, kalsium 283 mg, fosfor 169 mg, zat besi 1,1 mg, Vitamin A 63 IU, vitamin B1 0,1 mg, Vitamin 0 mg. "Dengan rinci saya jelaskan mudah-mudahan ikan gurame hidangan kami bisa dirasakan oleh semua kalangan, dan bisa bermain ke kolam renang dan restoran Empang Sari Mas," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template