Gunakan Anggaran Sesuai Regulasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gunakan Anggaran Sesuai Regulasi

Gunakan Anggaran Sesuai Regulasi

Written By Admin Raka on Rabu, 04 Juli 2018 | 18.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA-  Mengelola administrasi keuangan yang jumlahnya miliaran, tentu saja perlu penanganan serius. Sebelum APBDes disahkan dan evaluasi, pemerintah desa yang sudah di ultimatum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskudes), dituntut semakin rapi dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya.

Sekretaris Desa Rawagempol Wetan, Tarman mengatakan, APBDes yang merupakan gabungan dari penghitungan total pendapatan yang bersumber dari ADD, PADes, Bangub, DBH PDRB dan Dana Desa tidak mudah sekali tuntas menyusunnya. Perlu sistem, regulasi dan ketelitian. Pasalnya, ajuan-ajuan proposal dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) disetiap dana transfer desa mutlak tidak bisa salah satu huruf atau satu angka sekalipun. Karenanya, tak jarang desa-desa harus bolak balik mengulang, setelah draft APBDes karena ada kekeliruan, kesalahan ketik maupun selisih yang dianggap tidak wajar. Atas dasar itulah sebut Tarman, kunci utama menyusun APBDes adalah ketelitian dan kesesuaian, meskipun waktu yang dibutuhkan tidak cukup sampai 3 bulan. " APBDes itu kolektif semua dana yang tertera baik pendapatan maupun belanjanya, penyusunannya gak gampang, kadang hukuman eror yang membuat kita kewalahan, sampai ajuannya saja harus bolak balik," katanya.

Lebih jauh Tarman menambahkan, sebelum membuatnya, APBDes harus senantiasa dibuatkan regulasi peraturan desa (Perdesnya). Kebetulan di Desa Rawagempol Wetan, musyawarah mitra desa seperti LPM dan BPD sangat aktif, sehingga pembuatan perdes cepat tuntas dan menghasilkan Perdes Nomor 5 tahun 2018 soal APBDes Desa Rawagempol Wetan tahun 2018. Saat menyusun pun, sambung Tarman, APBDes yang sudah jadi harus di evaluasi oleh pihak kecamatan, jika lolos evaluasi APBDes tinggal disodorkan ke DPMPD, tahun ini evaluasi APBDes yang sudah dicek kecamatan dianggap sudah selesai dan layak setelah disepakati dengan para anggota BPD, hal itu tertuang dalam surat Pemerintah Kecamatan Cilamaya Wetan Nomor 141/13/Kec yang keluar sejak 27 Oktober 2017 lalu. "Membuat perdes dan menyusun APBDes kita libatkan semua mitra desa, alhamdulillah semuanya lancar," katanya.

Lebih jauh ia berharap, format dan regulasi tentang dana transfer desa setiap tahunnya tidak berubah-ubah. Sebab, meskipun para sekdes latih berulangkali kaitan Sistem Keuangan Desa (Siskudes), tapi selama setiap dana harus diajukan, cair dan SPJ dengan format yang beda-beda, maka akan selalu mengalami perlambatan. "Kita berharap, format dan regulasi gak rumah-rumah setiap tahunnya, karena itu mempengaruhi pada perlambatan penyusunan APBDes kita," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template