Giat KKN Mahasiswa UBP, Bersih-bersih Halaman Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Giat KKN Mahasiswa UBP, Bersih-bersih Halaman Sekolah

Giat KKN Mahasiswa UBP, Bersih-bersih Halaman Sekolah

Written By Admin Raka on Rabu, 25 Juli 2018 | 17.45.00

KARAWANG, RAKA - Kedatangan 26 mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, membawa perubahan ke arah positif. Karena banyak program kerja yang sudah diimplementasikan di desa tersebut.

Salah satu anggota KKN Tematik UBP Karawang Rusmana, mahasiswa semester 7 Prodi Teknik Industri menjelaskan, para peserta yang tergabung dalam kegiatan itu, terdiri dari beberapa prodi seperti Ilmu Hukum, Psikologi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Akuntansi, Manajemen, PGSD, Farmasi ini pun masing-masing memiliki program kerja yang langsung bersentuhan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat, mereka terdiri dari 26 personil yang siap melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Margamulya. "KKN ini diadakan full selama 1 bulan. Dimulai dari tanggal 2 Juli sampai 31 Juli 2018.  Dalam kegiatan ini, kami membuat berbagai program kerja untuk membantu dalam memajukan Desa Margamulya," ujarnya, kepada Radar Karawang.

Ia menambahkan, pada Minggu (14/7) lalu, para  peserta KKN dibantu oleh masyarakat dan tenaga pendidik SDN 2 Margamulya yang terletak di Dusun Ciboga. Hal itu bertujuan agar  dalam tugas aksi nyata itu bisa bermanfaat untuk didnia pendidikan. "Kami sengaja mengadakan kegiatan itu di sekolah. Soalnya, jika sekolahnya bersih, halaman bersih, seluruh ruangan bersih. Pastinya, bisa meningkatkan antusias siswa dalam kegiatan belajar mengajar, selain itu juga dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk selalu menjaga kebersihan sekolahnya," tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Humas KKN, Rian Fauzi Rahman maasiswa semester 7 Prodi Hukum menjelaskan, kegiatan-kegiatan lain pun sudah terealisasi, seperti mengajar, senam yang diharapkan menjadi rutinitas, bimbingan belajar anak-anak, kegiatan posyandu, desain tata letak fasilitas, penyuluhan psikologis, sosialisasi masyarakat sadar hukum, kebijakan menggunakan media sosial, ilmu ekonomi kreatif, UMKM, kegiatan akuntansi rumah tangga, dan yang terakhir lomba mewarnai untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang ideal, cerdas, dan bersemangat. Hal tersebut telah dipersiapkan secara matang, agar masyarakat terbantu dan mampu memahami bagaimana cara untuk memajukan taraf kehidupannya. "Masih banyak program kerja lainnya, yang sudah kami implementasikan. Hal itu tentu untuk membantu dalam meningkatkan kesejahterakan masyarakat," katanya.

Selain itu, aktifitas pemberdayaan perempuan sering kali dilaksanakan di Desa Margamulya ini, seperti dialog keperempuanan, peran penting perempuan dalam mengawal UMKM. "Kami sering melakukan dialog keperempuanan dan sharing mengenai peran penting perempuan  dalam pembangunan desa ini, karena sangat jelas perempuan berpengaruh bagi pengawalan semua ini," ungkap Siti Masitoh, personil KKN Tematik UBP Karawang.(acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template