Gawat! Kawat Bronjong Jembatan Sasak Rombeng Putus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gawat! Kawat Bronjong Jembatan Sasak Rombeng Putus

Gawat! Kawat Bronjong Jembatan Sasak Rombeng Putus

Written By Admin Raka on Jumat, 20 Juli 2018 | 13.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Bronjong penahan jalan penghubung Karawang Timur dan Karawang Barat, persis di jalan utama Sasak Rombengan di Kampung Utama Raya, Kelurahan Adiarsa, Karawang Barat sudah banyak yang rusak. Bahkan, bronjong yang persis diatas saluran utama Citarum itu sebagian terlihat rompal. Dikhawatirkan jika tidak segera diperbaiki akan mengakibatkan badan jalan rapuh hingga kondisi terburuk jalan itu akan ambruk.

Seperti diutarakan Mardi (54) warga Kampung Utama Raya, bagian bronjong yang rusak itu sampai sekarang belum diperbaiki. Padahal kerusakannya sudah lama. Hal yang mengkhawatirkan, bronjong itu merupakan satu-satunya penahan badan jalan diatasnya, sehingga jika bronjong itu rusak alamat bakal berpengaruh terhadap beban jalan yang jelas-jelas bertumpuh kepada daya tahan bronjong. 

"Persoalan pentingnya justru bukan pada bronjongnya tetapi kendaraan yang melintas diatasnya jumlah amat banyak, belum termasuk truk-truk bertonase berat yang juga menjadikannya sebagai jalan perlintasan. Sementara dengan kerusakan bronjong otomatis beban jalan yang aslinya jembatan itupun sudah pasti berkurang. Ditakutkan jalan itu tidak kuat lagi menahan kendaraan diatas, hingga kemudian ambruk," tandas Mardi, Kamis (19/7).

Dikatakan Mardi saat ini kondisi bronjong selain banyak yang rompak, dibeberapa bagian kawat bronjongnyapun sudah banyak yang putus. Parahnya lagi tanah dibawahnya pun mengalami pengeroakan hingga kedalaman dua meter. "Pernah satu bulan lalu ada ibu dan anaknya terjatuh. Beruntung saya ada di dekat jalan yang tidak ada pagar pengamannya dan cepat membantu ibu itu sehingga tidak sampai terjatuh ke sungai dibawahnya," jelas Mardi.

Untuk itu Mardi berharap pemerintahan bisa memperbaiki bronjong dan jalan yang rusak itu, minimal dipasang pagar pengaman saja agar jadi lebih aman. "Sekarang saja kami warga sekitar memasang batu di tiap pinggiran jalan supaya pengguna jalan tidak berjalan terlalu pinggir ke bibir jalan karena curam," tegasnya.

Komar (55) warga lainnya pun mengatakan hal yang sama, kondisi kerusakan itu akibat curah air saat musim hujan yang lalu. Jika tidak cepat dilakukan penanganan dan diperbaiki, maka sangat dikhawatirkan jalan itu akan putus total. Karena dipinggir jalan itu ada sungai yang kedalamannya diperkirakan hingga dua meter. "Bikin ngeri juga kalau jalan tanpa pagar. Sudah berkeroak, kawat bronjongnya juga banyak yang putus. Sudah itu batu kali yang menjadi sumber kekuatan bronjong banyak yang hampir roboh," jelasnya.

Sementara pengendara motor Jimmy (33) yang juga pemilik bengkel mobil tidak jauh dari lokasi mengatakan tiap hari dia melintasi jalan itu. Rasa waswas kerap dirasakan saat melintas jalan itu. Dirinya pun berharap sama jalan itu diperbaiki dan diberi pagar pengaman. "Waswas lah kang, kalau jatuh kebawah bisa mengakibatkan kematian karena dibawahnya itu jurang," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template