Ebeh Desak Pilkades Agar Digelar Tahun Ini - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ebeh Desak Pilkades Agar Digelar Tahun Ini

Ebeh Desak Pilkades Agar Digelar Tahun Ini

Written By Admin Raka on Rabu, 04 Juli 2018 | 15.00.00

KLARI, RAKA - Di Kecamatan Klari ada lima Kepala Desa yang akhir tahun ini SK-nya habis salah satunya adalah Desa Duren. Kepala Desa Duren Abdul Halim atau yang dikenal dengan Ebeh mendesak agar pemerintah daerah memastikan Pilkades angkatan 67 bisa digelar tahun ini.
"Berdasarkan aturan bisa digelar tahun ini, maka harus digelar tahun ini," ujar Ebeh kepada Radar Karawang, Selasa (3/6).

Dia menyampaikan, jika belum dianggarakn di APBD untuk pilkades tahun 2018, tentu masih sangat ada peluang untuk bisa digelar di tahun ini. Karena angaran perubahan saja belum dilakukan. "Bisa dirubah di perubahan anggaran, kenapa tidak," ujarnya.

Dia menyampaikan, memang benar dalam lima tahun tidak diperbolehkan menggelar pilkades lebih dari tiga kali. Tapi kalau tahun ini di gelar pun tidak menyalahi aturan. Bahkan sangat bisa disinkronkan dengan agenda pilpres yang akan digelar tahun 2019 mendatang. Untuk desa yang habis SK-nya di tahun 2019 adalah angkatan 33 dan angkatan 12, itu bisa disatukan digelar di 2020 menjadi 45 desa, kemudian untuk angkatan 177 digelar 2022 dan tahun berikutnya angkatan 8. "Nah setelah selesai semua, kembali lagi ke angkatan yang bareng dengan Duren (67 desa)," bebernya.

Sementara Camat Klari M Rachmat menyampaikan, ada 5 desa yang tahun ini Sk-nya habis yaitu Desa Duren, Klari, Cibalongsari dan Curug. Meski demikian, sampai saat ini dia belum mengetahui secara pasti pilkades akan digelar tahun ini atau tidak. "Iya lima desa, belum tahu keputusannya coba tanya DPMD," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Karawang, Ade Sudiana meski sudah dihubungi belum ada jawaban terkait kepastian pilkades. Pasalnya sebelum akhir pekan lalu, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi Sutisna mengatakan, pihaknya bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan membahas pembentukan panitia sekaligus mempersiapkan anggaran pilkades dan juga menyampaikan anggaran yang akan disiapkan sebesar Rp7,9 miliar. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template