Drum Band Ekskul Andalan SDN 1 Nagrikidul - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Drum Band Ekskul Andalan SDN 1 Nagrikidul

Drum Band Ekskul Andalan SDN 1 Nagrikidul

Written By Admin Raka on Kamis, 19 Juli 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA, RAKA - Sorak-sorai siswa bergembira terdengar, selaras dengan dentuman drum dari marching band SDN 1 Nagrikidul, mengawali cerahnya hari saat kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Ekskul drum band tersebut, diperkenalkan pada siswa baru dengan cara yang apik. Drum band merupakan salah satu ekskul andalan di sekolah ini.

Kepala SDN 1 Nagrikidul Kusmiati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pertunjukan ekstrakurikuler saat kegiatan MPLS. "Kegiatan tersebut, bertujuan untuk mengenalkan sekolah kepada siswa baru. Di SDN Nagri 1 Kelurahan Nagrikidul, kegiatan MPLS dimulai hari Senin  dan diakhiri hari Rabu (18/7). Masa pengenalan ini diisi oleh berbagai kegiatan seperti mengenal sekolah, keadaan kelas, guru, serta mengenal beragam ekstrakurikuler yang ada di sekolah.  Seluruh siswa baru kelas satu mengikuti MPLS selama tiga hari berturut-turut yang diakhiri dengan menyaksikan penampilan ekstrakurikuler," jelasnya.

Ia juga mengatakan, penampilan ekstrakulikuler tersebut meliputi penampilan marching band, tahfizd, angklung, pramka, pianika, paskibra dan tari daerah. "Selain itu, ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tidak bisa ditampilkan seperti badminton, futsal, bola voli, pantomim," paparnya.

Kusmiati juga mengaku, lebih dari sepuluh kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih siswa untuk menyalurkan bakat dan potensi yang dimiliki seluruh siswa SDN 1 Nagrikidul tanpa dipungut biaya. "Jadwal ekstrakurikuler dilaksanakan dua hari dalam seminggu, sepulang sekolah dan hari Sabtu pagi pukul 08.00 – 10.00 WIB yang dibimbing oleh satu atau dua guru pendamping pada masing-masing kelompok ekstrakurikuler. Setiap siswa kelas 2 sampai kelas 6, boleh memilih kelompok yang akan diikuti. Bahkan banyak siswa yang mengikuti lebih dari satu kelompok. Untuk kelompok tari daerah, siswa baru kelas satu pun sudah boleh mendaftar untuk mengikutinya," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan banyaknya kegiatan di sekolah, diharapkan dapat memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan kegemaran yang dimiliki.

"Kegiatan yang bersifat positif, sangat dibutuhkan untuk menyerap semangat dan mengarahkan antusias anak usia sekolah dasar agar menjadi siswa yang imut, cerdas, dan berprestasi selaras dengan misi pengembangan karakter siswa ," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template