DPRD Janji 2019 Semua Puskesmas Punya Ambulans - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » DPRD Janji 2019 Semua Puskesmas Punya Ambulans

DPRD Janji 2019 Semua Puskesmas Punya Ambulans

Written By Admin Raka on Senin, 23 Juli 2018 | 16.00.00

PURWASARI, RAKA - Desakan yang disampaikan warga dan kepala Puskesmas Purwasari terkait ambulans mendapat tanggapan serius dari pihak DPRD Karawang. Bahkan dijanjikan tahun 2019 mendatang, 20 Puskesmas yang belum punya ambulans akan mendapatkannya.

"Tentu kami di banggar dan juga komisi D (DPRD Karawang) akan memperjuangkan persoalan ambulans itu," ujar H Endang Sodikin, Wakil Ketua Komisi D DPRD Karawang, kepada Radar karawang, Minggu (22/7).

Menurutnya, sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Karawang, kesehatan merupakan salah satu persoalan yang fokus digarap oleh kepala daerah Karwang. Oleh karenanya kesehatan merupakan isu yang sangat penting dan memang harus dituntaskan. "Ambulans memang salah satu sarana untuk meningkatkan kesehatan masyarakat sampai ke pedesaan. Jadi memang harus tersedia," ujarnya.

Ambulans, tambah Endang, juga merupakan alternatif lain bagi warga yang membutuhkan transportasi untuk mempercepat penanganan kesehatan. Karena biasanya warga akan datang ke desa terlebih dahulu jika membutuhkan kendaraan secara cepat. "Kalo mobil desa sedang dipakai oleh warga lain. Maka warga ada alternatif jika Puskesmas punya ambulans," jelasnya.

Meski demikian, dia berpesan kepada para kepala Puskesmas untuk lebih serius memberikan penanganan kesehatan kepadawarga saat permintaanya dikabulkan. Jangan sampai warga merasa ditelantarkan karena alasan ambulans tidak ada bensin atau tidak ada sopir. "Selama ini banyak warga yang mengadu ke kami. Pelayanan Puskesmas tidak maksimal. Ini juga harus diperhatikan," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, meski kesehatan merupakan salah satu faktor yang menjadi fokus garapan pemerintah. Namun, karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) karawang yang mencapai Rp4,2 triliun ternyata masih belum cukup untuk mengcoper semua kebutuhan masyarakat termasuk soal kesehatan. "APBD Karawang memang besar, tapi belum bisa mengcover semua kebutuhan warga. Jadi dilakukan secara bertahap," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Purwasari Iin Indriati, mengakui bahwa Puskesmas yang dipimpinnya belum memiliki mobil ambulans. Selama ini jika ada sesuatu yang urgent menggunakan mobil Puskesmas Keliling, itu pun di dalamnya kurang lengkap. "Iyah, kami belum punya mobil ambulans. Di Karawang kalau nggak salah ada 20 Puskesmas yang belum punya ambulans," akunya.

Dia juga berharap, pemerintah daerah untuk bisa memenuhi keinginan masyarakat terkait mobil ambulans tersebut. Karena memang untuk lebih mengoptimalkan pelayanan Puskesmas. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami dapat mobil ambulans," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template