DLHK Diminta Bentuk Tim Penanggulangan Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » DLHK Diminta Bentuk Tim Penanggulangan Sampah

DLHK Diminta Bentuk Tim Penanggulangan Sampah

Written By Admin Raka on Rabu, 11 Juli 2018 | 17.00.00

PEDES, RAKA- Jika kesemrawutan sampah di tiap sudut desa tidak bisa diselesaikan langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Maka tidak ada salahnya DLHK memberikan sosialisasi kepada masyarakat atau membuat sayap penggerak yang bisa turun langsung untuk membntu membersihkan sampah yang berada di tiap sudut pedesaan.

Tokoh Pemuda Desa Malangsari Kecamatan Pedes, Jaja Abdulloh menyampaikan, persoalan sampah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Meski memang sudah menjadi hal biasa ketika masyarakat membuang sampah rumah tangganya di tepian tanggul irigasi. Karena memang kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih belum terbentuk secara menyeluruh. "Minimal punya inovasi tersendiri agar sampah tidak selalu dikeluhkan, karena gak mungkin juga sih orang dinas turun langsung ke lapangan untuk memungut sampah,” ucapnya kepada Radar Karawang.

Kepanjangtanganan dinas atau sayap inilah yang nantinya akan bergerak ke tiap-tiap pelosok desa dengan memberikan solusi pemusnahan sampah, ataupun cara membuang yang baik hingga tidak terjadi lagi tumpukan sampah di tiap sudut desa. “Minimal disediakan tong sampah,” ucapnya.

Senada dengan Jaja, tokoh pemuda Desa Kalangsari Kecamatan Renasdengklok Abun Yamin Syam menyebutkan, jika Dinas Kesehatan dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Dinas Pendidikan dengan Karawang Cerdas, dan Dinas Pertanian dengan Gerakan Kelompok Tani (Gapoktan), seharusnya DLHK juga mempunyai sayap yang bisa berperan dalam mengelola sampah. “Selain melayani masyarakat langsung, beberapa dinas juga telah melakukan sosialisasi yang intens kepada masyarakat agar program atau tujuan dinas tersebut dapat tercapai,” ujar Abun.

Masih menurut Abun, cara mengatasi permasalahan sampah memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun tidak ada salahnya dicoba agar kesemrawutan sampah ini tidak terus berkepanjangan. Apalagi tumpukan sampah sudah banyak tersebar di mana-mana. “Apa salahnya dicoba untuk memberikan lingkungan sehat dan nyaman kepada masyarakat,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template