DLHK Berinovasi dengan Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » DLHK Berinovasi dengan Sampah

DLHK Berinovasi dengan Sampah

Written By Admin Raka on Kamis, 12 Juli 2018 | 18.58.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) saat ini sedang berinovasi untuk mengentaskan persoalan sampah yang melilit Karawang selama ini. Diantara cara yang digunakan salah satunya melalui upaya menggalakkan kembali kebersihan di kabupaten ini.

"Kita mencoba berinovasi dan menggalakkan kembali kebersihan di wilayah kabupaten Karawang," tegas Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Drs Wawan Setiawan. Wawan mengatakan diantara yang dilakukan saat ini upaya menggairahkan masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih dengan cara menggiatkan kembali berbagai lomba kebersihan.

Lomba itu, jelas Wawan, sekarang sedang berlangsung dan diharapkan melalui lomba itu akan memotivasi pemerintah desa untuk menggiatkan masyarakatnya agar hidup dengan lingkungan yang bersih. "Hadiahnya motor sampah, dan itu untuk para pemenang lombanya," terang Wawan seraya menyebutkan kalau lomba yang diselenggarakan saat ini merupakan lomba tingkat kabupaten.

Dijelaskan, tahun DLHK berusaha keluar dari kebiasaan dengan upacara dan penanaman pohon serta serangkaian kegiatan seremoni. "Biasanya setiap ulang tahun kita melakukan upacara dan menanam pohon, tetapi ditahun ini kita buat inovasi baru dengan mengadakan lomba kebersihan di setiap desa dan perusahaan," ujarnya.

Kata Wawan, dari beberapa pengalamam dengan mengadakan penanaman pohon, dengan hasil yang tidak begitu terlihat akibat kurangnya pengurusan yang intens, maka di tahun ini, DLHK Karawang berharap agar kedepan dengan adanya lomba kebersihan bisa menjadi langkah awal untuk menjaga kebersihan disemua wilayah tentang sampah. "Di tahun sekarang, kita buat suasana baru, inovasi baru dengan menggalakan lomba kebersihan tingkat Desa," ucap Wawan.

Disamping itu juga, jelas Wawan, dinasnya memadukan dengan penilaian industri soal tenant-tenatnya terkait perusahaan yang ramah lingkungan, dan apakah mereka sudah mengikuti aturan kaitan dengan 60 40 persen pegawai dan  10% RTH nya. Dengan memebentuk tim yang terdiri dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Mulai dari PKK, BPMPD, Beppenda dan pemerihati lingkungan menjadikan jika lomba akan sangat berkesan akibat tidak hanya unsur pemerintah saja yang ikut aktif tetapi ada juga dari oraganisasi yanglain. "Kita pengen semuanya peduli lingkungan, bukan hanya pemerintah kita saja tetapi semua pihak," katanya.

Lanjut Wawan, sesuai kriteria yang sudah disepakai tim terlebih dahulu penilai turun kelapangan yang sudah dijadwalkan untuk melakukan penilaian, maka setelah selesai hasilnya akan kembali dirapatkan dan akan diputuskan bawah Desa manakah yang akan menjadi juara 1, 2 dan 3. "Dalam kegiatan perdana ini hadiah juara 1 cator, juara 2 gerobak dorong sampah dan juara 3 peralatan kebersihan," katanya.

Dikatakan Wawan juga kriteria hasil kesepaktan tim itu akan dilihat seperti di satu kampung ada berapa TPS nya, sarana kebersihannya, pengangkutan sampahnya dan lainnya, apakah ada bank sampahnya. "Kita sudah mulai penilaian, keluar hasilnya sekitar tanggal 24 bulan ini nanti akan diumumkan," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template