Disdukcapil Disarankan Buat Nomor Antrean - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdukcapil Disarankan Buat Nomor Antrean

Disdukcapil Disarankan Buat Nomor Antrean

Written By Admin Raka on Selasa, 31 Juli 2018 | 15.15.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang diminta untuk mengadakan alat antrean dalam melakukan pelayanan kepada pemohon, baik pembuatan Kartu Keluarga (KK) maupun dokumen kependudukan lainnya.

"Harusnya ada alat antrean di Disdukcapil ini, seperti yang ada di bank-bank dan kantor pajak. Kasian sama yang perempuan saat dibukanya pelayanan saling berdesak-desakan," ujar Udin (30) kepada Radar Karawang, Senin (30/7) usai berdesakan menaruh berkas permohonan. Dia mengaku saat itu sedang memohon pembuatan kartu keluarga.

Dikatakan Udin, jika ada nomor antreannya dia yakin pemohon akan lebih tertib, dan yang melayanipun bisa lebih santai. Tidak seperti sekarang, baik pemohon maupun petugas yang melayani terlihat sama capeknya. Udin sendiri mengaku harus bersabar selama dua hari pulang pergi rumahnya ke kantor disdukcapil. "Saya kesini kemarin tapi disuruh kembali lagi esok hari karena kuota KK nya sudah keburu habis," terangnya.

Udin menuturkan, rumahnya lumayan jauh di daerah Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek. Dia berangkat dari rumahnya subuh-subuh dengan harapan tidak antrean kuota. Tetapi disdukcapil sendiri baru melayani agak siangan. "Saya dari rumah sekitar 05.30 Wib tahunya sampai sini harus antre juga, mana berdesakan lagi," papar Udin.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcatpil Jajat Kusnadi disinggung usulan membuat alat antrean cuma mengatakan, pihaknya memaklumi dengan membeludaknya masyarakat yang datang untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Tetapi menurut dia, nomor antrean bukan solusi tetapi keterlibatan pihak kecamatan yang diharapkan bisa menimalkan antrean pemohon dokumen kependudukan di disdukcapil. "Solusi dari kita untuk mengatasi membeludaknya warga pemohon itu, diharapkan pelayanan bisa dilakukan oleh pihak kecamatan melalui pegawai kita yang ada disetiap kecamatan," ujarnya.

Kata Jajat dengan adanya usulan untuk masyarakat dengan harus memasang alat antrean, pihaknya kedepan akan melakukan kejian, sehingga pelayanan di kantor disdukcatpil bisa lebih maksimal. "Kalau menggunakan alat kita harus beli dulu, solusi sementara pelayanannya dilimpahkan ke kecamatan," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template