Dinaskertrans Diminta Atasi Pengangguran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinaskertrans Diminta Atasi Pengangguran

Dinaskertrans Diminta Atasi Pengangguran

Written By Admin Raka on Selasa, 10 Juli 2018 | 17.15.00

KUTAWALUYA, RAKA- Pengangguran diperkirakan bertambah. Selain adanya lulusan baru pelajar tingkat SMA/SMK yang tidak terserap lapangan kerja, juga banyaknya karyawan yang di putus kerja atau PHK di perusahaan baru-baru ini. Pemerintah diminta untuk segera mengatasi masalah pengangguran di Karawang.

Ketua Lembaga Swadaya (LSM) Macan Kumbang, Endang Macan Kumbang, mengatakan, pemecatan karyawan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap karyawannya, seperti PT Dean Shoes yang memberhentikan 2000 karyawannya. Hal tersebut tidak ada korelasinya antara Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang dinilai besar. Karena besaran upah tersebut sebelumnya telah diperhitungkan secara tepat oleh serikat buruh, selain itu legalisasinya jelas, karena telah disepakati oleh pemerintah daerah. “Tidak ada hubungan antara pemecatan masal karyawan dengan UMR yang terlalu tinggi, jika pemecatan masal itu terjadi, hal tersebut karena pihak perusahaan saja yang tidak sanggup membayar sebegitu banyak karyawannya. Atau karena produksinya yang menurun,” katanya, kepada Radar Karawang.

UMK Karawang memang yang terbesar di antara kota atau kabupaten lain, namun bukan satu alasan jika UMK-UMR tersebut untuk dijadikan alat untuk mendepak karyawan-karyawannya. Karena hingga saat ini sejak UMK dan UMR dinaikan, kenyataannya masih banyak perusahaan yang bisa bertahan dan semakin maju jika diimbangi dengan produksinya yang lancar. Dalam hal ini, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) harus bisa merangkul para penganggur baru tersebut. Minimal, karyawan yang terkena PHK masal tersebut bisa diajak atau diarahkan kepada perusahaan yang telah tersedia sebelumnya di Kabupaten Karawang. “Bukannya Karawang ini lumbungnya perusahaan? Disini disnaker harus bisa mencari solusi yang tepat untuk mereka yang kena PHK mauupun para penganggur secara umum,” ucapnya.

Dirinya menekankan, agar pemerintah Kabupaten Karawang melalui disnakertrans untuk merekrut tenaga kerja putra daerah terlebih dahulu, daripada menerima pekerja luar. “Pemda harus lebih ketat dalam mengawasi karyawan baru, agar lebih dulu mempekerjakan karyawan yang berdomisili di Karawang,” tegasnya.

Selebihnya, untuk para penganggur juga tidak perlu gengsi dengan bidang  pekerjaan apapun yang digeluti. Karena tujuan kerja tidak lain untuk mencari nafkah.  Seperti halnya pekerjaan pembangunan desa yang saat ini mewajibkan masyarakat lokalnya ikut andil. “Kan ada program padat karya,” katanya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template