Di Kecamatan Bisa Buat Kartu Kuning - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Di Kecamatan Bisa Buat Kartu Kuning

Di Kecamatan Bisa Buat Kartu Kuning

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 17.45.00

KARAWANG, RAKA - Pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dalam dua bulan terakhir di Kecamatan Karawang Barat menjadi primadona, selain pemohon kartu kuning untuk mencari pekerjaan yang mengalami peningkatan usai idul fitri kemarin.

Kasi Pelayanan Kecamatan Karawang Barat H Oyok SH menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Rabu (4/7). "Dalam pelayanan dua bulan ini, paling banyak pembuatan KK, jumlahnya mencapai 468 pemohon," ujarnya di kantor Kecamatan Karawang Barat.

Dikatakan Oyok, dua bulan terakhir ini masyarakat Karawang Barat cukup terobsesi dengan banyaknya warga yang ingin melamar kerja kepada salah satu perusahaan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pembuatan surat kuning yang difungsikan sebagai syarat permohonan pelamaran pekerjaan kepada perusahaan. "selain KK pembuatan kartu kuning pelamar kerja juga cukup banyak jumlahnya sampai 288 dalam dua bulan ini," katanya.

Masih dikatakan Oyok, dengan jumlahnya yang terus membeludak dalam satu hari itu, menunjukan jika di Karawang Barat tidak sedikit para lulusan sekolah yang berminat mencari pekerjaan ketimbang melanjutkan sekolah. "Mayoritas saat ini warga Karawang Barat merupakan pencari kerja," kata oyok.

Disampaikan oyok juga, dengan pembuatan kartu kuning pencari kerja yang semulanya berada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, dialihkan ke kecamatan sampai saat ini tidak memiliki kejelasan tentang pembinaan petugasnya. "Disnaker belum melakukan pembinaan. Kami sempat kebingungan ketika alat yang digunakan tidak berjalan. Seperti komputer dan lainnya untuk pembuatan kartu kuning, kalau misalkan ada pembinaan pasti sampai saat ini jelas seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Karawang," ujarnya.

Sementara itu Opertor perekaman Kecamatan Karawang Barat Memed menyampaikan, dengan adanya pelayanan yang dilakukannya masyarakat ke tingkat Kecamatan, sejauh ini tidak terjadi masalah, walaupun seringkali terjadi dialat peekaman yang suka eror akibat jaringan yang tidak stabil. "Permohonan perekaman suka ada dalam satu harinya bisa sampai 5 orang, di dua bulan ini baru masuk 99 orang," katanya.

Disampaikan Memed, jika mengenai pelayanan baik di kecamatan dan juga Disdukcatpil sudah terbuka dengan segala permasalah yang terjadi. Namun beda halnya dengan petugasnya sampai saat ini belum mendapat perhatian. "Kalau kita dapat pembinaan dari Disdukcatpil, tapi kalau yang buat kartu kuning mah saya juga tidak tahu kejelasannya seperti apa," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template