Di Karawang, Banyak Warga Stroke Karena tak Punya Duit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Di Karawang, Banyak Warga Stroke Karena tak Punya Duit

Di Karawang, Banyak Warga Stroke Karena tak Punya Duit

Written By Admin Raka on Sabtu, 07 Juli 2018 | 16.00.00

PURWASARI, RAKA - Banyaknya permasalahan sosial dalam kehidupan menjadi faktor utama warga Purwasari mengidap penyakit. Salah satunya adalah permasalaha ekonomi yang bisa mengakibatkan warga mendadak terserang penyakit stroke.
"Tahun-tahun ini penyakit yang sering ditemui itu stroke karena persoalan ekonomi warga yang mulai tinggi," ujar Sanusih, Kepala Puskesmas Pembantu Kecamatan Purwasari kepada Radar Karawang, Jumat (6/7).

Selain stroke, tambah Sanusih, masyarakat pun mengidap penyakit tidak menular lainnya seperti kencing manis, hipertensi, tekanan darah tinggi. Dimana penyakit tidak menular itu sulit untuk disembuhkan, adapun bisa disembuhkan maka masyarakat harus mengeluarkan uang pengobatan yang tidak sedikit. "Penyakit tidak menular tersebut ditemukan pada awal-awal tahun 2000 dimana kebutuhan masyarakat sudah melambung tinggi, namun sebelum itu penyakit menular pun ada seperti TBC dan DBD," tambahnya.

Menurutnya, penyakit tidak menular tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengontrol kesehatan. Padahal fasilitas kesehatan di Purwasari cukup  lengkap, seperti Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU), Puskemas Keliling, dan Posyandu. "Kurangnya kesadaran tersebut petugas Puskesmas pun mulai turun ke kampung-kampung untuk memberikan penyuluhan dan pentingnya hidup sehat dengan kunjungan ke rumah-rumah warga ataupun ke pengajian-pengajian mingguan," ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kesehatan yang menjadi kepentingan masyarakat harus diperhatikan. Jika tubuh sakit maka aktivitas pun terganggu. Puskesmas Purwasari memiliki program rutin dengan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat. Seperti pada saat hari bhayangkara pun Polsek Purwasari memberikan bantuan berupa sembako dan ikut bersama petugas Puskesmas memberikan penyuluhan kesehatan. "Tapi sangat disayangkan bantuan berupa CSR dari perusahan belum ada, padahal di Kecamatan Purwasari ini banyak sekali pabrik-pabrik," ungkapnya.

Sanusih pun berharap semoga masyarakat mulai sering memeriksakan kesehatan kepada Puskesmas ataupun lembaga kesehatan lainnya dan mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat setiap hari. "Gerakan Hidup Sehat (Germas) itu penting sekali dengan rutin berolahraga minimal 10 menit sehari, makan buah dan sayur, serta menjaga kesehatan lingkungan itu bentuk masyarakat sadar akan pentingnya hidup sehat," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template