Dedi Bedah Rumah Yatim Piatu Setengah Jadi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dedi Bedah Rumah Yatim Piatu Setengah Jadi

Dedi Bedah Rumah Yatim Piatu Setengah Jadi

Written By Admin Raka on Selasa, 10 Juli 2018 | 12.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Harapan Rohayu dan kedua kakaknya memiliki rumah layak huni datang dari mantan bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Calon wakil gubernur Jawa Barat yang kalah dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan itu, menjanjikan membangun rumah anak yatim tersebut yang berada di Dusun Ondang 1 RT 07/04, Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan. Uang Rp 12 juta pun digelontorkan. Rinciannya Rp 10 juta sebagai dana awal untuk membelanjakan bahan material bangunan, sedangkan Rp 2 juta untuk modal usaha. Namun, masalah datang saat uang untuk material bangunan ternyata tidak cukup. Akhirnya Rp 2 juta yang awalnya untuk modal usaha terpaksa terpakai untuk menutupi kebutuhan bangunan. Meski begitu rumah anak yatim itu belum kunjung selesai. Bahkan sekarang tidak bisa dihuni karena belum setengah jadi.

Kepala Dusun Ondang Karlim mengatakan, bedah rumah sudah dilakukan dan dibongkar saat Dedi mendatangi Rohayu dan keluarganya dua hari terakhir. Tapi kenyataannya, untuk membangun rumah dengan bahan dasar bata hebel berukuran 4x6 meter tersebut masih kurang, sehingga Rp 2 juta diantaranya harus dibayarkan kekurangan materialnya. Bahkan sampai saat ini tinggal menyisakan Rp 150 ribu. Untuk membayar dua orang tukang saja tidak cukup. "Bantuan pak Dedi Rp 12 juta hanya cukup material saja. Sekarang baru tuntas 40 persen, tukang walau pembayarannya alakadarnya, tetap berlanjut," katanya kepada Radar Karawang, Senin (9/7) kemarin.

Mengantisipasi kekurangannya, sebut Karlim, pihaknya masih akan ngencleng ke para donatur yang sekiranya bisa membantu pembangunan rumah anak yatim yang semangat bersekolah ini. Terlebih, dapur yang dimiliki keluarga itu hanya mengandalkan tungku saja, tanpa kompor dan peralatan masak yang memadai. "Rohayu dan kedua kakaknya sementara diinapkan di rumah terdekat, sambil menunggu pembangunan rumah selesai digarap," katanya.

Kades Tegalwaru Aruji Atmaja mengatakan, material dan pembangunan rumah anak yatim masih berjalan sampai saat ini. Diaa berharap para tukang melanjutkan pekerjaannya walaupun dihonor alakadarnya dari sumbangan warga. "Material mah cukup, cuma tukang saja nih sehari-harinya yang kurang. Tapi pembangunan mah berlanjut," ujarnya.

Awalnya, rumah Rohayu akan diperbaiki Toyota, tapi batal karena ada bantuan dari Dedi Mulyadi. Baginya, bantuan dari siapapun akan terbuka diterima, apalagi untuk kelangsungan anak yatim yang semangat bersekolah dan dari keluarga yang kurang mampu. "Awalnya Toyota mau bantu, tapi keduluin pak Dedi, jadi ya batal," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template