Data Kependudukan Desa Wanayasa Diinput Digital - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Data Kependudukan Desa Wanayasa Diinput Digital

Data Kependudukan Desa Wanayasa Diinput Digital

Written By Admin Raka on Jumat, 27 Juli 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA, RAKA - Kebutuhan informasi berbasis teknologi dewasa ini menjadi sebuah kebutuhan utama serta menjadi tatangan tersendiri di era teknologi informasi ini.  Menjawab hal tersebut, Pemerintah Desa Wanayasa yang diinisiasi oleh Ikhsan Firmansyah, Sekertaris Desa (Sekdes) Wanayasa, membuat software untuk mengolah database kependudukan.

"Program yang diberi nama Siak Desa mandiri (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa) ini, dikerjakan dan dikembangkan bersama dengan salah satu ahli teknologi informasi yang sudah puluhan tahun bergelut dalam bidang program-program komputer yaitu Wawan Dahlan, pemilik Smart Solution Company yang juga pemerhati bidang kemasyarakatan khususnya desa," ujar Ikhsan, yang juga inisiator balanja di warung tatangga, Kamis (26/7).

Mengenai apa saja yang nanti tercover dalam software ini, Ikhsan mengatakan, bahwa nanti kebutuhan-kebutuhan data digital yang berhubungan dengan kependudukan, statistik masyarakat desa berupa data warga berdasarkan usia, pendidikan, pekerjaan, tingkat ekonomi, pindah keluar, pindah datang, kelahiran termasuk informasi terkait desa dan hal tersebut dapat dikerjakan hanya dengan satu atau dua kali Klik. "Program ini juga dapat menangani urusan administrasi desa semacam surat menyurat, serta pelayanan surat keterangan yang biasa dilayani oleh desa, nantinya kita tidak lagi secara manual mengetik data warga ketika melayani surat keterangan, hanya tinggal pilih data warga berdasar NIK lalu pilih kebutuhan suratnya apa, selesai, tinggal print dan ditandatangani kepala desa atau perangkat desa yang biasa melayani," ujarnya.

Dari sisi efektifitas kerja, lanjut dia, dirinya optimis program ini akan terasa manfaatnya. Fitur lain dari program Siak Desa Mandiri ini juga dapat membantu KPU. "Sebab itu, di program ini kita dapat melihat data warga yang akan genap 17 tahun pada saat hari H pemilihan. Ini jelas akan sangat membantu. Seperti yang kita ketahui, bahwa data apapun terkait warga, biasanya semua pihak tertuju atau meminta data dari kantor desa, program ini dapat menghandle semua kebutuhan data-data tadi," paparnya.

Ditemui terpisah, Eep Saepul Malik, pendamping Desa Wanayasa, mengatakan, problem di desa biasanya yang paling umum adanya ketidaklengkapan database, sehingga menyulitkan berbagai pihak yang membutuhkan data secara cepat. "Padahal, kita seringkali memerlukan data tersebut sebagai bahan laporan pendampingan, jadi saya sangat support dan mengapresiasi kreatifitas ini," ujar Eep.

Sementara, Wawan Dahlan sebagai programmer software tersebut  mengaku, pemerintah desa tidak perlu khawatir harus menginput data sedemikian banyak, software ini di design untuk dapat mengimport data dari file database kependudukan di desa saat ini yang masih berupa file excel. "Sampai saat ini,  Program Siak Desa Mandiri diklaim telah rampung hingga 95%, tinggal beberapa penyempurnaan konten, design serta penambahan menu-menu yang dianggap dibutuhkan. Desa Wanayasa saat ini juga telah menggunakan software ini sekaligus sebagai proses test case untuk kebutuhan pengembangan software ini," kata Wawan.

Lanjut dia, research and development program Siak Desa Mandiri ini, memakan waktu singkat, hanya sekitar satu setengah bulan. Pihaknya terus-terusan diskusi secara online mengenai program ini selama hampir satu setengah bulan ini, dan dirinya berharap apa yang dikerjakan ini akan bermanfaat bagi desa, khususnya dan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. "Tentu saja harapan kami, pengembangan program yang awal mulanya dari pesisian desa dapat mendapat respon dari berbagai pihak, mohon doanya saja mudah-mudahan setelah penyempurnaan program ini paling lambat awal tahun 2019 dapat diaplikasikan di Desa-desa se-Kabupaten Purwakarta," harapnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template