Darurat Nih, Pustu Purwasari Minim Personel - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Darurat Nih, Pustu Purwasari Minim Personel

Darurat Nih, Pustu Purwasari Minim Personel

Written By Admin Raka on Senin, 09 Juli 2018 | 14.30.00

PURWASARI, RAKA - Kurangnya tenaga profesional di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari membuat pelayanan tersendat. Beruntung ada siswi yang menjadi relawan untuk membantu pelayanan di Pustu Sukasari tersebut.

"Alhamdulillah saya disini bisa ikut bantu-bantu di Puskesmas, hitung-hitungan cari pengalaman," ujar salah seorang siswi yang tidak ingin disebutkan namanya.

Alasan para relawan puskesmas yang berjumlah 11 orang itu ingin mencari pengalaman untuk mengisi waktu liburan sekolah yang lumayan panjang. Meski demikian, siswi tersebut mengaku bangga akan pengalamannya mengabdi di Pustu Kecamatan Purwasari. "Daripada saya liburan diisi dengan tanpa kegiatan, mending saya membantu di Puskesmas sampai masuk sekolah," tambah siswi tersebut di loket pelayanan.

Kepala Pustu Sukasari Sanusih menyampaikan, relawan yang berjumlah 11 orang siswi ini sebagian besar dari siswi yang duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Purwasari dan luar Kabupaten Karawang. "Relawan dari siswi ini campur, ada yang dari SMKN Purwasari, SMK Cikarang Dan Purwakarta tapi rumahnya di Sukasari," ujar Sanusih.

Puskesmas Pembantu Desa Sukasari ini hanya memiliki 3 orang mitra kerja, 2 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 1 orang bidan desa, hal itu menjadi suatu rasa syukur karena para siswi ini ikut membantu. "Alhamdulillah karena bantuan sukarelawan dari para pelajar ini pekerjaan kami cukup terbantu, " lanjutnya.

Pasalnya, tambah Sanusih, pada saat sekolah para siswi ini harus kembali ke bangku sekolahnya masing-masing. "Kalo mereka kembali ke sekolah, pustu kembali seperti semula, semuanya sibuk dan pelayanan harus saling tunggu," ujarnya.

Sanusih pun berharap agar pemerintah menambah tenaga kerja profesional di Puskesmas Pembantu Desa Sukasari. "Semoga saja pemerintah bisa menugaskan dokter atau perawat profesional di Pustu ini," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Pustu sangat membantu dan dibutuhkan masyarakat, karena berada di lingkungan komplek kecamatan yang menjadi pusat kesehatan masyarakat Desa Sukasari dan sekitarnya, terlebih jalur kecamatan sudah banyak berdiri perumahan. "Karena puskesmas ini pasiennya bukan dari desa Sukasari saja, tapi hampir seluruh warga Kecamatan Purwasari," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template