Dana Desa Jayanegara Sudah Sentuh Perbatasan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Desa Jayanegara Sudah Sentuh Perbatasan

Dana Desa Jayanegara Sudah Sentuh Perbatasan

Written By Admin Raka on Sabtu, 07 Juli 2018 | 17.00.00

TEMPURAN, RAKA - Tahap pertama dana desa Jayanegara sebanyak 20 persennya sudah cair seminggu terakhir. Dana sebesar Rp 202 juta tersebut langsung diserap untuk pembangunan fisik jalan antar gang di dua dusun, bahkan satu diantaranya tembus sampai perbatasan Desa Pulomulya, Kecamatan Lemahabang.

Kades Jayanegara Kecamatan Tempuran Suwanda mengatakan dari total dana itu, ia realisasikan semuanya pada infrastruktur jalan di dua dusun. Sebab masih banyak jalanan antar gang yang belum tersentuh pembangunan. Karenanya, ketimbang turap, sebut Suwanda, melalui hasil musyawarah masyarakat berharap banyak realisasi dana desa itu untuk jalan. "Dua Dusun kita bidik untuk realisasi jalan dana desa tahun ini dan kini tinggal pengajuan lagi ke tahap berikutnya," tegas Suwanda, Jumat (6/7).

Selain di Dusun Pulohaur RT 01/01 sepanjang 55 meter dan lebar 1,2 meter yang ditembuskan buntu ke tembok perbatasan Desa Pulomulya, Kecamatan Lemahabang, juga ia realisasikan jalan di Dusun Pulomas RT 05/03 dengan panjang 340 meter dan lebar 2 meter dengan ketinggian 12 cm yang hampir tembus ke Dusun Ciketeng. "Realisasi proyek dilakukan dengan mengoptimalkan masyarakat melalui program padat karya. Sekarang ini hampir finishing setelah pekerjaan dilakukan empat hari terakhir," ucapnya.

 Camat Tempuran Suwandi S.Ip saat meninjau lokasi realisasi Dana Desa di Jayanegara mengatakan, di Kecamatan Tempuran, tinggal tiga desa saja yang belum mencairkan dana desa. Monitoring infrastruktur jalan ini, sebut camat, bukan bagian dari monitoring, verivifikasi atau evaluasi yang akan dilakukan pendamping desa dan kasie nya nanti, tetapi karena ingin melihat progres pembangunannya. "Kebetulan saya mengikuti minggon desa di Jayanegara, jadi sekaligus ingin melihat progres realisasi infrastruktur jalan dari Dana Desa di Jayanegara," ucap camat.

Camat juga mengingatkan agar desa bisa segera menuntaskan tahap satu dan kembali pengajuan ditahap 2, sehingga realisasi nanti bisa menyeluruh dan berkelanjutan. Disamping itu juga, ia meminta pembinaan terus dilakukan pendamping desa dan kasie ekbang untuk kesesuaian infrastrukur desa ini. "Tinggal tiga desa lagi, kita ingin melihat progres dilapangan seperti apa, ya kita tinjau sekalian," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template