Cipurwasari Desa Terbersih se-Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cipurwasari Desa Terbersih se-Karawang

Cipurwasari Desa Terbersih se-Karawang

Written By Admin Raka on Rabu, 25 Juli 2018 | 12.45.00

KARAWANG, RAKA - Nama Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, ditetapkan menjadi desa terbersih se-Karawang pada lomba kebersihan antar desa/kelurahan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

Selain Desa Cipurwasari, ada lima desa/kelurahan lainnya yang mendapatkan predikat juara. Secara berurutan, juara kedua ditempati Kelurahan Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat, juara ketiga ditempati Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang. Sementara terbaik keempat ditempati Desa Mekarasih, Kecamatan Banyusari, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran, serta Desa Srikamulyan, Kecamatan Tirtajaya, masing-masing menempati posisi kelima dan keenam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang Drs Wawan Setiawan NK MM, mengatakan, kegiatan lomba desa yang dihelat sejak 4 bulan lalu tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, bertema perangi sampah. Tujuannya, untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah di tingkat desa. "Diikuti 30 desa/keluharahan yang masing-masing mewakili 1 kecamatan," ujarnya, usai penyerahan penghargaan kepada desa-desa juara di Brits Hotel Karawang, Selasa (24/7).

Wawan juga mengatakan, selain lomba kebersihan desa, pihaknya juga melakukan kegiatan lain, diantaranya konservasi alam dengan melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum yang dilakukan bersama beberapa perusahaan. Karena lingkungan hidup memiliki banyak aspek, pihaknya juga menggelar pengeloalaan lingkungan antar perusahaan. "Dengan kategori pengelolaan limbah, pengelolaan sampah dan penghijauan lingkungan," jelasnya.

Selanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup juga menggelar kegiatan lomba melukis di tingkat pendidikan sekolah dasar yang diikuti 30 sekolah dasar dengan tujuan meningkatkan kecintaan pelajar terhadap lingkungan hidup. "Intinya kami ingin mengajak semua elemen mulai dari pemerintah, perusahaan, pendidikan dan kader maupun masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan hidup," pungkasnya.

Sementara itu, desa/kelurahan yang ditetapkan menjadi juara satu sampai tiga, masing-masing mendapatkan piagam penghargaan serta satu unit cator pengangkut sampah. Sedangkan terbaik empat sampai enam, masing-masing mendapatkan piagam penghargaan dan gerobak pengangkut sampah. (rls)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template