Cari Kanker Serviks Perawat Blusukan ke Kampung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cari Kanker Serviks Perawat Blusukan ke Kampung

Cari Kanker Serviks Perawat Blusukan ke Kampung

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 17.30.00

TEMPURAN, RAKA - Puskesmas Tempuran blusukan ke kampung-kampung untuk memberikan pelayanan pemeriksaan penyakit Inspeksi Visual Asetat (IVA) atau kanker serviks kepada masyarakat. Selain memeriksakan pasien umum, imunisasi, posyandu, pemeriksaan mata dan penyuluhan ibu hamil, sedikitnya 24 orang nimbrung menyambut pemeriksaan IVA tersebut.

Petugas Kesehatan Keliling (Kesling) Puskesmas Tempuran Amirin Bukhori mengatakan dengan melakukan serangkaian tes IVA, wanita akan dengan mudah dan cepat mengetahui keberadaan kanker serviks yang ada pada dirinya. Hasil dari pemeriksaan nantinya akan mengarahkan seorang wanita untuk melakukan pemeriksaan lainnya di puskesmas atau rumah sakit.

Untungnya, selama pemeriksaan di Desa Purwajaya ini, dari 24 yang dites IVA, semuanya nihil kanker dan ciri-cirinya. "Kita bulanan keliling antar desa, kebetulan hari ini jadwalnya di Desa Purwajaya, khusus IVA yang diperiksa ada 24, Alhamdulillah tidak ditemukan indikasi kanker," katanya.

Pelayanan IVA ini, sebut Amirin, penting untuk mendeteksi dini kanker, cara pemeriksaannya sendiri langsung ke leher rahim dengan speculum dan dioles oleh asam asetat. Kalau positif, mungkin nanti ada tindak lanjut untuk penyembuhannya. Sehingga, diharapkan, masyarakat binaan Puskesmas Tempuran bisa bebas dari kanker serviks yang mengancam nyawa kaum perempuan. "Pemeriksaannya sendiri dengan speculum ke leher rahim dan di oles dengan asam asetat, kalau positif ya nanti ada tindak lanjutnya," katanya.

Pemeriksa IVA dari Puskesmas Tempuran Nurlaela, mengatakan, deteksi dini kanker dengan cara terbaik dengan aktif konsultasi ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Karena, vagina harus diperiksa dengan menggunakan asam asetat. Tidak diketahui detail dan rinci gejala kanker, kecuali memang harus sering-sering memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan yang ada. Disinggung soal jumlah yang positif serta Kecamatan Tempuran, Nur Laela mengaku ada beberapa, namun jumlah pastinya ada di Puskesmas dan tidak bisa diungkapkannya lebih detail, yang pasti tahap pengobatan dan tindaklanjutnya tetap terus dilakukan." Cara deteksi dan pemeriksaannya ya harus dengan asam asetat ini," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template