Cara Gampang Deteksi Demam Berdarah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cara Gampang Deteksi Demam Berdarah

Cara Gampang Deteksi Demam Berdarah

Written By Admin Raka on Selasa, 10 Juli 2018 | 18.15.00

KARAWANG, RAKA - Gejala Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) cukup bervariasi. Bahkan terkadang bersifat tanpa gejala. Penyakit DBD merupakan penyakit endemik yang muncul sepanjang tahun, terutama pada musim hujan ketika kondisi optimal untuk nyamuk berkembang biak.

Hal itu diungkapkan dokter Laura Christiani melalui artikelnya belum lama ini. Dikatakannya, penyakit DBD merupakan penyakit infeksi yang disebabkan satu dari empat virus dengue berbeda dan ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. "Ada tiga jenis demam berdarah (dengue) yakni demam berdarah klasik, hemorrhagic fever dan shock syndrome.

"Gejala demam berdarah klasik biasanya diawali dengan demam selama 2-7 hari setelah digigit nyamuk yang terinfeksi. Kondisi ini disertai demam tinggi, hingga 41 derajat C, sakit kepala, nyeri pada bagian belakang mata, nyeri otot dan sendi, mual dan muntah serta ruam. Ruam muncul di seluruh tubuh 3 sampai 4 hari setelah demam, kemudian berkurang setelah 1 hingga 2 hari," ucap dr. Laura dan menambahkan kalau ruam kedua mungkin akan muncul beberapa hari kemudian.

Sementara Gejala demam berdarah hemorrhagic fever meliputi semua gejala dari demam berdarah klasik, ditambah kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening dan pendarahan dari hidung, gusi atau di bawah kulit, menyebabkan memar berwarna keunguan. Jenis penyakit dengue ini dapat menyebabkan kematian. Sedang gejala dengue shock syndrome, jenis penyakit dengue yang paling parah, meliputi semua gejala demam berdarah klasik dan dengue hemorrhagic fever, ditambah kebocoran di luar pembuluh darah, pendarahan parah dan shock serta tekanan darah rendah.
Jenis penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak dan beberapa orang dewasa yang mengalami infeksi dengue kedua kalinya. Penyakit ini sering kali fatal, terutama pada anak-anak dan dewasa muda. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template