Calon Anggota BPD Dipilih 25 Orang Ditonton Ratusan Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calon Anggota BPD Dipilih 25 Orang Ditonton Ratusan Warga

Calon Anggota BPD Dipilih 25 Orang Ditonton Ratusan Warga

Written By Admin Raka on Kamis, 26 Juli 2018 | 19.15.00

TELAGASARI, RAKA - Musyawarah Dusun (Musdus) Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus tuntas sampai akhir Juli 2018 ini. Untuk itu hampir semua desa sudah memulai pemilihan, baik hanya sebatas musyawarah maupun pemilihan langsung.

Bahkan ada juga yang memilih dengan batasan hak pilih melalui sistem kuota. Seperti berlangsung di Desa Talagasari, satu dusun dijatah dua orang BPD dan pemilihnya diwakilkan masing-masing 25 orang. "Jumlah total calon BPD di Telagasari sebanyak 22 orang dengan jatah hanya 9 orang BPD yang harus terpilih di 4 Dusun," ucap Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Talagasari, Ono Rustono.

Masih dikatakan Rustono, yang menarik disitu justru antusiasme masyarakat yang menonton jumlah mencapai hinga rutussan orang. "Antusiasme masyarakat sebenarnya sangat bagus. Mereka memiliki hal pilih, namun karena aturan pembatasan jumlah pemilih maka mereka disertakan sebagai peserta pemilih," tandas Ono, seraya menambahkan pemilihan yang berlangsung di empat dusun dilakukan semalam empat hari. 

Uniknya, disaat ada empat calon misalnya sedang jatahnya cuma dua maka yang dua lagi harus rela mundur. Sementara besarnya antusias masyarakat menyaksikan proses pemilihan sekaligus bukti masyarakat saat ini semakin melek politik dan demokrasi. "Ini menarik, yang dipilih cuma dua, yang memilihnya 25 orang, nah yang nontonnya ini ratusan," ucapnya.

Lebih jauh Ono menambahkan, setiap hari pilihan BPD ini digelar, bahkan lewat spanduk-spanduk, para calon BPD ini memperkenalkan diri dengan maksimal lazimnya kampanye. Sementara besar animo para calon untuk menjadi anggota BPD pun dikarenakan banyak faktor disamping dengan alasan pengabdian hal terpenting honor yang bakal diterima juga lumayan besar.

Karenanya Ono berharap, semua calon tetap terjaga kondisifitasnya dan bisa melahirkan mitra-mitra desa yang baik dan menunjang pembangunan pemerintahan desa lebih baik. "Banyak faktor sih yang melatari mereka mencalonkan diri menjadi anggota BPD, tetapi terlepas dari itu, antusiasmenya sangat baik," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template