Budaya Lokal Tumbuhkan Karakter Pemuda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Budaya Lokal Tumbuhkan Karakter Pemuda

Budaya Lokal Tumbuhkan Karakter Pemuda

Written By Admin Raka on Sabtu, 14 Juli 2018 | 18.30.00

KARAWANG, RAKA - Setiap daerah wajib menggali budaya daerah. Melalui nilai-nilai budaya tersebut diharapkan mampu membangkitkan rasa nasionalisme untuk membentuk karakter bangsa.

Hal itu diungkapkan Pemerintah Masalah Budaya Mela Marlina, beberapa waktu lalu. "Pembangunan budaya juga ikut andil dalam pembangunan karakter bangsa. Diharapkan dengan itu kita juga bisa memadukan kearifan lokal nilai-nilai global, sehingga adopsi nilai-nilai yang dilakukan mampu membentuk budaya dan karakter yang unik dan khas," ucapnya.

Tidak sampai disitu, Mela juga menyarankan agar pemerintah membuat terobosan-terobosan jitu untuk memfasilitasi rasa nasionalisme itu dengan menyelengarakan hari-hari khusus peringatan.  "Hari Budaya Nusantara yang berbeda tiap daerah memungkinkan setiap saat dikunjungi wisatawan domestik maupun internasional," ucap Mela menyarankan hari-hari serupa bisa saja diadakan sebagai upaya membangkitkan jiwa nasionalisme pemuda.

Tidak boleh dilupakan juga perlunya promosi, pengelolaan serta bantuan pemerintah untuk membantu budaya di tiap-tiap daerah untuk terlaksana dan berkembang karena hal ini bersifat mutualisme. Selain pesta kesenian bali atau PKB kita sebagai mahasiswa sangat dituntut untuk berkreativitas dan berwawasan dalam menemukan sesuatu yang bernilai positif dan tentunya dapat memberikan sebuah peluang untuk mensukseskan pembangunan nasional Indonesia.

Dalam hal ini, terang Mela, mahasiswa bisa berkreativitas untuk melestarikan sebuah tradisi yang sudah tenggelam dari derahnya. Artinya peran mahasiswa untuk menyelamatkan budaya Indonesia yang tidak pernah di lakukan,yaitu berkreativitas untuk mengkreasikan beberapa unsure tradisi lama dengan tradisi baru yang sedang trendi di jaman ini. Walaupun penanaman budaya Indonesia sudah diberikan sejak mereka mengenyam pendidikan pertama di sekolah dasar, namun kedatangan budaya asing membuat budaya Indonesia terpinggirkan. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template