Buat KTP Diusulkan Bisa di Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buat KTP Diusulkan Bisa di Desa

Buat KTP Diusulkan Bisa di Desa

Written By Admin Raka on Rabu, 25 Juli 2018 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcartpil) meminta agar operator perekaman dan operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di seluruh Kecamatan turun langsung ke desa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcatpil Lilis Jayasutisna menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Senin (24/7).

"Hari ini (kemarin, red), kita membahas mekanisme pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat untuk operator SIAK dan Operator Rekam sekabupaten Karawang. Kita meminta agar mereka melayani langsung masyarakat dengan cara turun ke desa," tandas Lilis.

Dikatakan Lilis, Disdukcatpil menginginkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bukan hanya saja dilakukan di kantor Disdukcatpil dan keecamatan saja, tetapi yang harus diketahui dengan berupaya keras melaksanakan tugas negara itu tidak boleh loyo. "Operator di Kecamatan harus jemput bola pada intinya, karena kita saja yang di dinas selalu melaksanakan jemput bola ke desa-desa," jelasnya.

Bahkan lanjut Lilis, pelayanan yang dilakukan bukan hanya bisa dilakukan ke setiap desa saja, melainkan sekolah-sekolah SMA untuk memberikan pelayanan perekaman bagi pemula yang ada di Kabupaten Karawang. "Pelayanan tidak harus di desa saja, ke sekolah juga boleh terutama untuk tingkat SMA, mereka itu ada juga yang sudah cukup umur, tinggal berkordinasi dengan sekolah yang akan dituju," terangnya.

Sementara mekanismenya, disampaikan Lilis, pihaknya memastikan jika para operator sendiri yang akan memberikan pelayanan kepada masyarakatnya. Namun itupun harus dilakukan secara berkelanjutan. "Kita tidak memaksanakan, tetapi mereka para operator perekaman dan operator SIAK yang harus melaksanakan. Harinya bisa Kamis dan Jumat, bisa Jumat dan Sabtu atau Sabtu dan Minggu, yang pasti mereka harus melaksanakan pelayanan," ucap Lilis.

Lilis juga menambahkan sebelumnya sudah ada instruksi kepala dinas jika pelayanan kepada masyarakat untuk operator itu dalam satu minggu harus 2 kali, tapi pihaknya akan bahas lagi nanti. "Alasan mendasar operator memberikan pelayanan kepada masyarakat diantaranya kuota yang ada di disdukcatpil sendiri tidak bisa memenuhi jumlah waktu kunjungan. Dimana disdukcatpil dalam satu tahun hanya bisa melaksanakan pelayanan sebanyak 120 kali," terang Lilis.

Masih terkait alasan pelayanan operator, sebut Lilis, dalam setahun 90 kali pelayanan ke desa-desa dan 30 kali ke setiap pelayanan PATEN sehingga yang tersisa 189 desa yang belum terlayani. Sebab jumlah desa dan kelurahan di Karawang mencapai 309. "Operator SIAK dan rekam di Kecamatan harus ada upaya jemput bola pada intinya kepada masyarakat dan kita akan evaluasi hasil laporan mereka disetiap harinya," terangnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template