BPD Duren Bersiap Bentuk Panitia Pilkades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BPD Duren Bersiap Bentuk Panitia Pilkades

BPD Duren Bersiap Bentuk Panitia Pilkades

Written By Admin Raka on Kamis, 12 Juli 2018 | 18.53.00

KLARI, RAKA - Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 11 November mendatang, panitia Pilkades pun sudah mulai disipakan. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Duren menyiapkan pemilihan panitian Pilkades secara netral.

"Pada hari Jumat (13/7) akan dilaksanakan pemilihan panitia 11 Pilkades, yang mana akan menjadi penanggung jawab Pilkades yang akan dilaksanakan serentak pada 11 November nanti," ujar Waryono, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Duren Klari, Rabu (11/7).

Dia menyampaikan, sejalan dengan perintah camat Klari, bahwa BPD menjadi pengawas dalam Pilkades agar berjalan lancar dan kondusif. "Alhamdulillah untuk pemilihan panitia 11 di Desa Duren ini netral tidak ada nepotisme," tambahnya di Balai Desa Duren.

Diakatakannya, secara aturan calon kades maksimal 5 orang, sehingga jika melebihi 5 maka akan ada yang gugur dalam proses seleksi bakal calon menjadi calon. Kemudian, calon kades juga harus lebih dari dua orang. "Calon akan disaring lagi atau akan ditambah soalnya calon Kadesitu harus lebih dari 2 orang dan maksimal 5 orang," ujarnya.

Waryono pun berharap, pilkades tahun ini berjalan dengan kondusif dan aman. "Kita akan terus memaksimalkan suapaya tidak ada serangan fajar saat pelaksanaannya nanti," pungkasnya.

Sebelumnya Camat Klari Mamat Rachmat menyampaikan, Kecamatan Klari menjadi kecamatan terbanyak yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pasalnya dari 67 desa yang akan menggelar pilkades serentak, sebanyak 5 desa di Kecamatan Klari akan menggelar pilkades. "Kecamatan Klari ada 5 desa yang akan melaksanakan Pilkades yaitu  Duren, Klari, Gintungkerta, Curug dan Cibalongsari, pada tanggal 11 November nanti," ujar Mamat Rachmat.

Pemilihan kepala desa di 25 kecamatan dan 67 desa ini harus dipersiapkan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di setiap desa yang ada di Kabupaten Karawang, khususnya Kecamatan Klari untuk membentuk Panitia 11. "Pilkades ini harus disambut baik, jadi mulai dari sekarang BPD harus membentuk panitia 11 pilkades di 5 desa yang sudah habis masa jabatannya tahun ini," tamabahnya.

Karena, tambah Rachmat, untuk pilkades tahun ini semua biayanya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang nantinya harus dicantumkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). "Biaya APBD untuk Pilkades ini harus dicantumkan pada APBDes, karena ini pesta demokrasi rakyat, tapi untuk besarnya dana kita menunggu pemda," ujarnya.

Dia pun menambahkan, bahwa untuk perencanaan biaya paling lambat pada tanggal 31 Juli 2018 beserta tata tertib Pilkades yang disusun oleh BPD. Karena pada bulan Agustus akan dilaksanakan pemutakhiran data pemilih untuk Pilkades. BPD yang menjadi penanggung jawab Pilkades harus memilih panitia yang benar-benar berkualitas. "Karena pemilihan kepala desa ini penting bagi kelangsungan masyarakat khususnya di 5 Desa yang sekarang akan melaksanakan pilkades, jadi BPD harus benar-benar teliti dalam memilih panitia Pilkades," ujarnya. (cr1)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template