Bisa Penyesuaian Pangkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bisa Penyesuaian Pangkat

Bisa Penyesuaian Pangkat

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 16.00.00

Mantan Sekdes PNS Diperlakukan Sama PNS Aktif

KARAWANG, RAKA - Mantan Sekretaris Desa (Sekdes) yang ditempatkan kembali ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain diperlakukan sama dengan PNS yang lain. Alasannya, meskipun jadi PNS tanpa seleksi CPNS dan Pra jabatan lazimnya PNS pada umumnya tidak mempengaruhi terhambatnya penyesuaian pangkat dan golongannya untuk karier mantan Sekdes PNS.

Hal itu diungkapkan Kabid Mutasi BKPSDM Karawang, Jajang Sulaeman, Rabu (4/7). "Saat ini mereka rata-rata masih golongan II C karena memang belum punya S1 atau belum disesuaikan S1 nya ke pangkat, tetapi itu bisa dilakukan dan untuk reguler kenaikan pangkat tetap 4 tahun," katanya.
Sementara jumlah mantan Sekdes PNS yang ada sampai saat ini dan tersebar diberbagai instansi Kecamatan dan OPD, terang Jajang sekitar 165 orang, dan dua diantaranya masih bertugas sebagai Salah di Pemerintahan Desa. "Bagi yang sudah jadi pelaksana, walaupun diangkat tahun 2009 dengan pangkat pertamanya 2a, selama masih linier strata pendidikannya dan inginkan penyesuaian pangkat, bisa dilakukan," ucapnya.

Jajang kembali menegaskan, dalih tidak ada seleksi CPNS dulunya, kemudian SK awalnya sebagai Sekdes dan tanpa pra jabatan, sama sekali tidak mempengaruhi penyesuaian pangkat dan golongan para PNS yang berlatar belakang Sekdes dahulunya ini. "Kalau seandainya masih belum ada yang faham, dalam artian, tidak bisa membedakan antara SK kenaikan pangkat dan SK pindah, BKPSDM siap menerima konsultasi dari para mantan Sekdes PNS ini," tegas Jajang.

Masih dikatakan Jajang, pihaknya akan menjelaskan kendalanya dimana, karena di BKPSDM, sebut Jajang, eks Sekdes ada surat usulan izin belajar ke S1 maupun S2 seperti biasa. Begitupun soal ketiadaan pra jabatan saat dahulu diangkat tahun 2009, karena pra jabatan itu sebatas muatan lokal yang materinya menyesuaikan materi pra jabatan supaya penyesuaian kemungkinan PNS sesungguhnya.

Jadi, perlakukan khusus bagi mereka hanya ketika diangkat jadi PNS tanpa melalui CPNS dan Pra Jabatan, artinya justru kalau dia masih menduduki sekdes, ada pembatasan karena dia tidak bisa penyesuaian ke s1. "Justru kalau masih duduk sebagai Sekdes yang gak bisa penyesuaian karena ada perlakuan khusus, tapi kalau sudah jadi PNS dan bertugas pelaksana maka perlakuannya sama dengan yang lain," katanya.

Sementara Sekdes yang dipindahkan sebagai pelaksana di OPD sudah diterima oleh yang bersangkutan. Karenanya, terang Jajang, kalau seandainya tidak diterima dasarmya apa dia bekerja di OPD, karenanya soal karir ini perlakuan dan hak kepada eks PNS Sekdes ini sama saja, tinggal ijazahnya yang akan penyesuaian. Diharapkan sesuai dengan kaidah penyelenggaraan pendidikan yang seharusnya atau linier. "Ya, diharapkan ijasahnya linier," katanya.

Sebelumnya, mantan Sekdes PNS Kedawung Kecamatan Lemahabang Bambang Irwan mengungkapkan saat ini ia memiliki golongan pangkat II C, kabarnya kapanpun mau S1 dan S2 kenaikannya ikut dengan yang reguler saja 4 tahun sekali. Sebab, meskipun ingin penyesuaian ke III A saat S1, banyak yang meragukan, karena eks Sekdes PNS ini dulu diangkat langsung tanpa seleksi CPNS, tanpa pra jabatan dan mentoknya SK awalnya adalah sebagai Sekdes di desa yang ditunjuk. "Kita mentoknya itu di SK awal sebagai Sekdes, penyesuaian pangkat juga sepertinya gak bisa, harus reguler," katanya.

Lain halnya dengan mantan Sekretaris Desa PNS Ciparagejaya Taryana S, Sekdes PNS yang sudah jadi pelaksana di OPD dan instansi lain, bisa menyesuaikan kalau sudah S1, bahkan izin belajar juga dikeluarkan OPD tempatnya bertugas. Namun, sebelum penyesuaian dari golongan II C ke III A harus ujian kepangkatan dulu. Buktinya ada 5 orang mantan Sekdes PNS sudah menyesuaikan jadi III A, karena statusnya sudah S1. "Bisa kok, perlakuannya sama saja, ada lima orang yang sudah golongan III A karena penyesuaian," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template