Bimtek Kurikulum 2013 Digencarkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bimtek Kurikulum 2013 Digencarkan

Bimtek Kurikulum 2013 Digencarkan

Written By Admin Raka on Senin, 30 Juli 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - UPTD Kecamatan Purwakarta gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum 2013, di ala Kantor Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwakarta. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan kepala sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Purwakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Purwanto, mendorong guru agar meningkatkan kualitas pendidikan. “Untuk melahirkan generasi genius, tentu peningkatan kompetensi kualitas pendidik harus terus ditingkatkan, karena guru memiliki kewajiban mencerdaskan aset bangsa," terangnya.

Dia juga mengatakan, bahwa mendidik memiliki makna yang luas, selain mengajar guru juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan transfer ilmu, sehingga pengembangan kualitas sangat diperlukan. “Jika tugas guru bukan hanya mengajar, namun sebuah keharusan karena mendidik memiliki makna yang luas, kompleks selain mengajar, guru itu bertugas mentransfer ilmu, menumbuh kembangkan potensi peserta didik. Maka guru berkewajiban mengajar, guru mesti meningkatkan kapasitas diri setiap saat dan menjadi insan literat," jelas dia.

Selain itu, lanjut dia, guru harus mampu dalam mengelola peserta didik yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman tentang peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. “Dengan, memiliki integritas, lanjut H. Purwanto, guru harus memiliki kemampuan di atas rata-rata yang mencakup pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan penilaian,” ungkapnya.

Di penghujung kuliah umum, Purwanto mengatakan, jika guru harus memiliki kemampuan emosional dan penghayatan. “Guru harus memiliki kemampuan emosional, pengalaman dan menghayati suatu hal. yakni kesabaran, partisipasi, penghayatan nilai, pengorganisasian nilai, dan karakteristik diri termasuk juga kemampuan motoric menggiatkan dan mengkoordinasi gerakan," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template