Biaya Kesehetan Bakal Caleg di RSUD Rp 565 Ribu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Biaya Kesehetan Bakal Caleg di RSUD Rp 565 Ribu

Biaya Kesehetan Bakal Caleg di RSUD Rp 565 Ribu

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Sebelum didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) mulai ngebut menyempurnakan persyaratan. Diantaranya pemeriksaan kesehatan di RSUD.

Demi mendapatkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani, tentu saja tidak gratis. Para bacaleg harus siap-siap merogoh uang Rp 565 ribu, karena pihak rumah sakit plat merah itu menetapkan tarif baku yang diatur peraturan bupati untuk cek kesehatan para calon wakil rakyat.

Dirut RSUD Karawang dr Asep Hidayat Lukman mengatakan, tarif pemeriksaan kesehatan bagi para caleg untuk jasmani dan rohani Rp 565 ribu, angka itu dimasukan dalam pendapatan layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dan tidak ada retribusi atau setoran ke kas daerah saat ini. Artinya, jumlah tarif yang rinciannya sudah dijabarkan dalam perbup tersebut, akan dihimpun dari ratusan caleg dan dikelola keuangannya secara otonomi sendiri oleh RSUD melalui kegiatan dimasing-masing Poli Kesehatan. Sebab, berbeda dengan OPD pada umumnya, RSUD saat ini sudah BLUD. "Pemeriksaan jasmani rohani sudah ditetapkan dengan rincian yang dijabarkan di perbup, besarannya adalah Rp 565 ribu," katanya kepada Radar Karawang, kemarin.

Mantan kepala Dinas Kesehatan Karawang ini menambahkan, aturan tarif yang juga ditetapkan dalam perda tersebut diharapkan dimaklumi semua. Meskipun tidak setor ke kas daerah seperti OPD lain pada umumnya, namun laporan tahunan tetap berjalan. Sebab, dengan BLUD perubahan anggaran saja bisa dilakukan sampai empat kali di RSUD. "Kita kelola sendiri keuangan," ujarnya.
Sementara itu, sejumlah bacaleg Karawang saat ditanyai tarif pemeriksaan kesehatan, diantara mereka banyak yang belum mengetahuinya. Ada yang ditanggung oleh DPD/DPC partainya, ada juga yang sudah ancang-ancang menyiapkan uang pribadi untuk mendapati surat keterangan sehat tersebut.

"Sepertinya saya harus siapin Rp 700 ribu mah, tapi mau koordinasi dulu ke DPC kaitan tarif pemeriksaan kesehatan ini, jadwal diperiksa juga masih nunggu berkas caleg lainnya," kata bacaleg Partai Gerindra Asep Saepudin Zukhri.

Senada dikatakan bacaleg Partai Golkar, Teddy Luthfiana, dirinya mengaku belum tahu tarifnya, yang jelas DPD Golkar bayar kolektif dan diurus sama DPD. "Wah.. Bayarnya kolektif dikoordinir sama DPD, besarannya gak hapal," katanya.

Senada, Atta Subagjadinata dari PKS mengungkapkan, biaya pemeriksaan kesehatan ditanggung semua oleh partai, sehingga besarannya sama sekali belum tahu. "Gak tahu kang, semuanya ditanggung sama partai," ujarnya.

Sementara itu, bacaleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Nasdem, Indriyani mengungkapkan, dirinya sudah tahu bahwa tarif bayar pemeriksaan kesehatan di RSUD Rp 565 ribu per bacaleg. "Bisa dibayangkan jumlah caleg dengan belasan partai politik, RSUD mendapat berapa pendapatannya dari hasil pemeriksaan itu. Memang uang itu masuk ke kas RSUD, tapi diakhir laporan keuangan dicatat juga dalam pendapatan APBD," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template