Berbahaya! Jalan Interchange Miring - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berbahaya! Jalan Interchange Miring

Berbahaya! Jalan Interchange Miring

Written By Admin Raka on Rabu, 04 Juli 2018 | 14.00.00

Suganda: Kasihan yang Lewat Nyawanya Terancam

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Bukan cuma penuh tambalan dan aspalnya terkelupas serta berlubang, tetapi Jalan Interchange Karawang Barat (Karaba), di perlintasan Kecamatan Telukjambe Barat, juga banyak yang retak dan bergelombang. Namun, dari sejumlah kerusakan tersebut yang paling berbahaya kondisi jalannya yang miring. 

Pantauan Radar Karawang di lapangan, kemarin, kondisi berbahaya Jalan Interchange Karawang terjadi setelah melintasi ruas Bunderan Badami. Selain berlubang jalannya juga bergelombang hingga membentuk semacam gundukan. Kondisi seperti ini berbahaya bagi pengendara mobil yang melintas dengan kecepatan tinggi karena bisa mengakibatkan kendaraan melompat.

Bukan cuma melompat, pengendara yang gagal menguasai kemudi mobilnya juga bisa terguling ke pinggir jalan ketika melintasi bagian jalan yang miring. Peluang kecelakaan ini juga tinggi jika mencermati kondisi jalan miringnya yang mencapai kiloan meter. Kondisi jalan inipun masih diperparah dengan tambalan-tambalan jalan yang memenuhi hampir sepanjang bahu jalan tersebut.
Sementara keberadaan pengendara motor pun ikut menyumbang tingginya angka kecelakaan lalulintas di ruas jalan tersebut. Untuk menghindari kondisi buruk pinggir jalan yang penuh tambalan dan miring, terpaksa mereka mengendarai motor melebihi bahu jalan. Akibatnya pengendara mobil sering kagok ketika akan melewati mereka karena akan mengambil bagian jalan kendaraan yang melaju berlawanan arah.

"Sangat berbahaya, itu jalannya sebagian ada yang timbul ke atas tidak beraturan. Sudah itu jalannya juga  miring sehingga kalau mobil yang melintas dengan kecepatan tinggi rawan terguling kesamping," ungkap Suganda (40), pengendara motor, warga Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Barat. Dia menghentikan motornya ketika Radar Karawang mengambil foto bagian jalan miring Interchange Karawang Barat.

Menurut Suganda, jalan tersebut, sudah selayaknya dilapisi aspal ulang, sehingga kondisi jalan bisa rata kembali, dan pengendara juga bisa dengan nyaman melewati jalan itu. “Jalan itu sudah waktunya diperbaiki. Kasihan yang lewat sini nyawanya terancam. Buktinya, sudah pernah disini pengendara kecelakaan tewas di tempat. Mudah-mudahan bisa segera diperbaiki,” harapnya.

Secara terpisah, Syahrial (40) juga warga desa yang samas mengungkapkan dirinya setiap hari melintasi jalan Interchange Karawang Barat. Setiap kali melintas dia selalu waswas terlebih saat berpapasan dengan kendaraan lain dan dimalam hari. “Jalan bergelombang dan miring itu sudah lama. Memang sudah beberapa kali dilakukan penambalan tapi tidak pernah bertahan lama. Seharusnya ada solusi terkait jalan ini, karena sangat membahayakan pengendara terlebih pengendara motor," ucapnya.

Sahrial menambahkan ada beberapa titik serupa yang penanganannya juga sama, secara perlahan jalan yang telah diperbaiki dengan cara ditambal itu akan kembali bergelombang. “Kita masyarakat tidak tahu jalan itu wewenang siapa, yang jelas bagi kami jalan yang rusak ya diperbaiki. Jalan yang ada seharusnya mulus tidak ada kerusakan seperti yang terjadi. Apalagi jalan itu kan jalan utama yang dilintas orang-orang luar Karawang. Apa tidak malu, kabupaten kaya dengan ribuan perusahaan dan puluhan kawasan industrinya betulin jalan saja tidak mampu," tandas Sayrial. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template