Bea Balik Nama Gratis Hingga Agustus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bea Balik Nama Gratis Hingga Agustus

Bea Balik Nama Gratis Hingga Agustus

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Program Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)  kembali bebas. program yang diinisiasi oleh Ahmad Heryawan tersebut sudah berlaku dari tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Agustus 2018 mendatang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro, mengatakan, di Purwakarta pun bebas BBNKB dan denda PKB sudah berlaku pada tanggal 1 Juli kemarin dan bisa dinikmati oleh masyarakat Purwakarta. "Sudah berlaku dari tanggal 1 Juli kemarin, dan program tersebut bisa membantu meringankan pembayaran denda pajak serta balik nama dikarenakan penjualan kendaraan motor banyak sekali dan tak sempat mengurus balik nama dengan program ini bisa terbantu," terang dia, Rabu (4/7).

Untuk proses balik nama kendaraan bermotor, lanjut dia, persyaratannya ialah KTP asli, SKPD terakhir, kwitansi pembelian, STNK asli, BPKB asli, serta bukti hasil pemeriksaan kendaraan bermotor. "Untuk proses pembayaran pajak syaratnya daftar ulang tahunan, SKPD terakhir, STNK asli, serta KTP pribadi atau identitas lain untuk badan atau lembaga," paparnya.

Rizki juga menambahkan, pembebasan BBNKB dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan proses balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua dan seterusnya di wilayah Jawa Barat. "Pembebasan denda PKB diberikan kepada seluruh masyarakat yang melakukan proses pembayaran pajak tahunan, kecuali kendaraan bermotor baru dan berlaku bagi masyarakat yang melakukan pembayaran mulai tanggal 1 Juli 2018 sampai 31 Agustus 2018. Bagi pemilik kendaraan bermotor yang tidak melakukan registrasi ulang dua tahun setelah masa berlaku stnk, maka dapat dihapus dari daftar regident ranmor sesuai dengan ketentuan UU nomor 22 tahun 2009," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, registrasi kendaraan bermotor yang sudah dinyatakan dihapus, tidak dapat diregistrasi kembali sesuai dengan ketentuan peraturan kapolri nomor 5 tahun 2012 yang mengakibatkan kendaraan bermotor tidak dapat dioperasionalkan. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template