Banyak yang Belum Tahu Daftar Online RSUD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak yang Belum Tahu Daftar Online RSUD

Banyak yang Belum Tahu Daftar Online RSUD

Written By Admin Raka on Sabtu, 14 Juli 2018 | 17.30.00

TELUKJAMBE, RAKA - Akhir tahun 2018 lalu, RSUD Karawang meluncurkan pendaftaran Online Pasien. Hal ini untuk mengurai antrean dan memperpendek waktu layanan di rumah sakit itu. Namun sejak dilaunching hingga kini masih belum banyak masyarakat yang mengetahui fasilitas tersebut dan melakukan pendaftaran secara manual.

Kepala Hukmas dan Promkes RSUD Karawang H. Ruhimin SH tidak menyangkal masih banyak masyarakat yang belum tahu sistem daftar online yang diberlakukan RSUD. Untuk itu, terang Ruhimin, masih perlu adanya sosialisasi agar lebih giat lagi, terutama di setiap puskesmas-puskesmas agar bisa diketahui oleh masyarakat. Bahkan dirinya pun menghimbau agar kepala desa dan camat ikut andil dalam memberikan informasi agar lebih jelas mengenai berbagai kemudahan yang sudah tersedia di RSUD Karawang.

"Belum semua masyarakat tahu soal pelayanan pendaftaran online ini. Agar masyarakat semakin mengetahui layanan pendaftaran online ini, setiap stakeholder di pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat memberikan informasi kepada warganya. Sehingga kemudahan yang sudah tersedia akan bisa dirasakan masyarakat," ujar Ruhimin. 

Pihak RSUD Karawang sendiri, aku Ruhimin sudah melakukan berbagai cara untuk memperkenalkan program daftar online pasien di rumah sakit, malah sudah pula disosialisasi dengan berbagai cara baik melalui Banner informasi, sosialisasi langsung kepada pasien ketika ada di rumah sakit bahkan dengan media sosial agar masyarakat bisa mengetahuinya dengan lengkap.

"Memang sebagian masyarakat khususnya di wilayah perkampungan kesulitannya penggunaan fasilitas online karena menggunakan internet. Karena supaya mereka tahu menjadi tugas para pemangku kebijakan untuk mensosialisasikannya. Dan diantara yang mesti mengetahui duluan adalah kader relawan PSM karena petugas itu sering mengurus perihal masyarakat yang sakit. Mudah-mudahan petugas PSM sudah banyak yang memahami cara daftar online sehingga memudahkan pekerjaan mereka.

Ruhimin menegaskan, dengan pendaftaran online masyarakat bisa menghemat waktu dan tidak menunggu lama untuk mendapatkan layanan. Mereka juga bisa memperkirakan waktu kedatangan ke RSUD Karawang dengan melihat nomor antrean yang didapatkan dari mendaftar online.

Sementara Hanif warga Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek yang mengantarkan istrinya memeriksakan kehamilannya mengaku belum mengetahui adanya sistem daftar online. Makanya diapun mendaftar secara manual. "Kalau saya tahu bisa daftar online saya akan melakukannya, karena dengan cara mendaftar pasien seperti itu saya tidak perlu lagi bersusah payah antrean, tetapi tinggal datang dan tunggu dipanggil," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template