Asyiiik...MPLS Tanpa Perpeloncoan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Asyiiik...MPLS Tanpa Perpeloncoan

Asyiiik...MPLS Tanpa Perpeloncoan

Written By Admin Raka on Selasa, 17 Juli 2018 | 14.45.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang tahun ajaran baru dan Hari Raya Idul Fitri, Senin (16/7), di SMPN 2 Rengasdengklok diisi dengan kegiatan halal bihalal dan kegiatan masa orientasi sekolah atau dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan MPLS di sekolah ini tidak ada perpeloncoan.

“Hari pertama masuk sekolah masih suasana lebaran, jadi semua menggelar halal bihalal,” cetus PKS Kurikulum Yaya Kosamunjaya SPd.

Dalam halal bihalal itu, para guru dan siswa berjabat-tangan dan saling minta maaf. Dengan kegiatan itu, diharapkan pada suasana tahun ajaran baru ini bisa lebih semangat dan manfaat bagi anak didik. Para guru bisa kerja lebih baik lagi demi meningkatnya mutu pendidikan. “Para siswa bisa lebih semangat, para guru dapat kerja lebih baik lagi,” katanya.

Setelah kegiatan halal bihalal usai, para siswa baru melanjutkan kegiatan dengan MPLS. MPLS bakal diurus sepenuhnya oleh para guru. Pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS) tidak lagi berwenang menyelenggarakan MPLS. Tujuannya agar tidak terjadi perpeloncoan.

PKS Kesiswaan SMPN 2 Rengasdengklok Hanna Nurhasanah SAg menyatakan, dalam kegiatan MPLS ini, OSIS menyosialisasikan kegiatan non akademik kepada siswa baru. Di sekolah, ada 10 kegiatan ekstrakurikuler diantaranya pramuka, paskibra, PMR, basket ball, volly ball, futsal, kesenian, keagamaan, English Club dan Tarung Derajat. Pada MPLS, mereka membantu memperkenalkan kegiatan tersebut yang akan diadakan di hari ketiga MPLS. "Jadi, siswa baru bisa bergabung dan menyalurkan hobi pada kegiatan yang diminati," katanya.

Poin penting dari MPLS, jelas dia, adalah pengenalan lingkungan sekolah. Para guru akan memberikan materi yang berkaitan dengan pembelajaran. Para siswa bakal diajak untuk mengenal para guru di sekolah, ruang-ruang sekolah dan sebagainya. "Letak toilet di mana, siswa harus tahu," tuturnya. (asy)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template