Anggota BPD Dipilih Langsung Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anggota BPD Dipilih Langsung Warga

Anggota BPD Dipilih Langsung Warga

Written By Admin Raka on Selasa, 17 Juli 2018 | 14.15.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Dari lima Dusun di Desa Karyamukti Kecamatan Lemahabang, tiga dusun diantaranya melakukan pemilihan calon anggota BPD selama tiga hari ke depan. Mengawali hajat tersebut, Senin (16/7), Warga Dusun Margasalam melakukan perhelatan itu. Sebanyak empat pasangan calon dijejerkan sebagai kandidat anggota BPD. Masing-masing atas nama Santa Kurnia, Cata, Wahyu dan Karsim.

Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Karyamukti, Ardi Jaenudin mengatakan, dusun-dusun yang melakukan pemilihan yakni Dusun Margasalam, Dusun Buahaseum 2 dan Dusun Peundeuy 2 memilih calon anggota BPD dengan cara Pemilihan Raya. Sebab, calon di tiga dusun tersebut melebihi kuota, sehingga harus dipilih secara voting oleh masyarakat dusun.

Untuk waktunya sendiri, satu dengan dusun lainnya beda-beda, khusus Margasalam dengan total penduduk 2.011, digelar pemilihan pada Senin (16/7). Sementara Dusun Peundeuy 2 dan Buahaseum 2 akan dilaksanakan Rabu dan Minggu. Adapun dua dusun yang tidak menggelar pemilihan alias aklamasi adalah Dusun Buahaseum 1 dan Peundeuy 1, karena kuotanya cukup atau tidak lebih, itupun tetap masih disyaratkan panitia agar calon yang diusung aklamasi tersebut dapat dukungan lewat bubuhan tandatangan 30 orang, yang terdiri dari tokoh masyarakat setempat. Karenanya, ia berharap, pemilihan BPD dengan jatah total 8 orang ini secara keseluruhan bisa berjalan lancar. "Pemilihan yang digelar seperti ini yang kuotanya disatu dusun calonnya banyak, sehingga mengharuskan dipilih langsung masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, total hak pilih satu desa sebanyak 6.167 jiwa, ia yakin semuanya antusias ikut pemilihan BPD. Karena, selain sudah digelar woro-woro, warga dusun cukup menunjukan KTP el saat hendak memilih ke panitia untuk di cocokan. Ia berharap, hajat semacam ini sebagai pembelajaran yang baik bagi masyarakat, dimana calon tidak saling bergesekan satu sama lain dan tidak ada keriuhan yang berarti, karena BPD adalah mitra pemerintah desa yang mengayomi dan mewakili kepentingan masyarakat nantinya. "Anggaran pemilihan ini Rp 10 juta dari ADD, kita optimal melaksanakan pemilihan ini tanpa harus memungut sepeserpun dari calon," katanya.

Kades Karyamukti Idha Komara mengatakan pihaknya apresiasi penyelenggaraan pemilihan calon anggota BPD di desanya dilaksanakan dengan cara demokratis. Melihat antusiasme warga satu dusun di hari Senin ini saja, ia optimis dua hari di dusun lainnya juga akan berjalan lancar dan kondusif. Dirinya sebagai Kades, tidak memiliki kepentingan apapun selama pemilihan BPD ini, dan mempercayakan semuanya kepada panitia.

Diharapkan, siapapun yang terpilih nanti, bisa terus menjalin kemitraan bersama pemerintah desa untuk sama-sama mewujudkan pembangunan Desa Karyamukti yang baik, sejahtera dan berkeadilan. "Di Lemahabang, mungkin baru kita saja yang siap pelaksanaan pemilihan BPD semacam ini dan sangat demokratis," ucapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template