Anggaran Pilkades Dicantumkan Setelah Cair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anggaran Pilkades Dicantumkan Setelah Cair

Anggaran Pilkades Dicantumkan Setelah Cair

Written By Admin Raka on Rabu, 18 Juli 2018 | 15.45.00

PURWASARI, RAKA - Belum dimasukanya anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) merupakan hal wajar. Pasalnya angka yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk Pilkades di 67 desa juga baru muncul.

Kasi Pemerinthan Kecamatan Purwasari, H Syahrul Hafidz menyampaikan, dalam APBDes semua desa tentu belum ada yang dicantumkan soal anggaran Pilkades. Karena anggaran Pilkades bisa dicantumkan setelah adanya pencairan dari APBDes. Dia juga mengaku tidak khawatir dengan persoalan anggaran, terlebih pihak DPMD sudah memastikan anggaran tersebut akan dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD)Perubahan 2018. "Anggaran pilkades dimasukan setelah cair, baru masuk perubahan APBDes," ujar Syahrul, kepada Radar Karawang, Selasa (17/7).

Dia menyampaikan, karena di Purwasari hanya satu desa yang akan menggelar Pilkades, maka sebenarnya tidak terlalu ribet. Bahkan untuk tahapan Pilkades termasuk kepanitiaan sudah dibentuk. "Yang mengajukan pemerintahan desa, propsalnya bantuan keuangan untuk biaya penyelenggaraan Pilkades," ujarnya.

Sementara sempat ramai dan alot soal anggaran yang disiapkan untuk Pilkades, karena adanya tarik ulur antara pihak eksekutif dan legislatif. Meski demikian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ade Sudiana mengklaim persoalan pengangaran untuk Pilkades yang akan digelar di 67 desa sudah tuntas. "Iyah sudah dianggarkan, keseluruhan Rp7,9 miliar," ujarnya.

Dalam APBD murni 2018, sebenarnya tidak dicantumkan anggaran untuk pilkades. Sedangkan untuk merubah nomenklatur harus melalui rapat perubahan anggaran terlebih dahulu. Di Kabupaten Karawang sendiri, rapat APBD Perubahan biasanya dilakukan lebih dari pertengahan tahun anggaran. "Anggarannya di APBD Perubahan," ujarnya.

Atas kondisi tersebut sebanarnya masih banyak sejumlah kalangan yang bertanya-tanya, Pilkades serentak yang akan digelar di Karawang pada 11 November tersebut bisa terealisasi atau tidak. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template