Alumni IPB Didik Petani Barugbug - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Alumni IPB Didik Petani Barugbug

Alumni IPB Didik Petani Barugbug

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 15.30.00

JATISARI, RAKA - Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) berbaur dengan para petani yang ada di Desa Barugbug. Hal itu dilakukan guna membantu petani meningkatkan hasil produksi dengan melakukan demplot varietas IPB Prima.

"varietas ini baru pertama kali kami tanam. Usianya baru 55 hari, sudah terlihat bagus yah," ujar Mista, Ketua Gapoktan Warga Jaya Desa Barugbug, kepada Radar Karawang, Jumat (20/7).

Dia menyampaikan, demplot varietas IPB Prima itu hanya 3000 meter2. Tapi dia memperkirakan kalau sampai panen maka hasilnya akan melimpah. Bahkan untuk hitungan gampangnya, kalau satu hektare itu bisa melebihi 7 ton. "Kalau varietas lain, dapat empat ton sudah lumayan. Tapi kalau ini satu hektare itu kemungkinan bisa di atas tujuh ton," ujarnya.

Oleh karenanya, dia menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak IPB yang sudah turun ke Barugbug untuk melakukan pendampingan. Terlebih pendampingannya dilakukan mulai dari nol bahkan sampai panen nanti. "Kami sambil sekolah, sudah dua kali pertemuan, nanti pertemuan terakhir pas panen, sekitar awal bulan Agustus," ujarnya.

Joangsah Dachlan, Advisor PT Botani Seed Indonesia menyampaikan, bukan hanya di Kabupaten karawang saja melakukan kegiatan semacam itu. Bahkan di beberapa provinsi di Indonesia. Karena kegiatan tersebut atas dasar kerjasama antara IPB dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Republik Indonesia. "Kita alumni IPB merasa terpanggil untuk membantu meningkatkan hasil produksi petani Indonesia dengan benih inbrida," terang Jodi, sapaan akrab Joangsah Dachlan.

Dalam pertemuan yang dilakukan dengan para petani Barugbug itu dia juga menyampaikan empat poin penting dalam bertani, yaitu berkaitan dengan musim atau ketersediaan air, benih, budidaya dan penanganan pasca panen. "Setidaknya kami membantu agar hasil (produksi) petani ada pada level aman," ujarnya.

Jodi bersama tim berjanji akan kembali menemui para petani bersama para petinggi IPB saat panen. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template