Akses Dusun Kutajaya-Dusun Sukamanah Bakal Dibuka Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Akses Dusun Kutajaya-Dusun Sukamanah Bakal Dibuka Lagi

Akses Dusun Kutajaya-Dusun Sukamanah Bakal Dibuka Lagi

Written By Admin Raka on Kamis, 19 Juli 2018 | 17.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Guna melancarkan aktifitas warga, Kepala Desa Kutawargi, Sukmadi, berencana membuka kembali akses jalan yang bertahun-tahun sudah tidak aktif yaitu akses utama warga Dusun Kutajaya-Dusun Sukamanah.

Sebelumnya, sekitar tahun 2000-an jalan tersebut merupakan akses utama warga Dusun Kutajaya-Dusun Sukamanah dalam menjalankan aktifitas. Namun, akibat kikisan tanah sawah, jalan tersebut semakin kecil dan hampir tidak dapat dilalui.

Menurutnya, jalan sepanjang kurang lebih 1000 meter yang sempat tidak aktif tersebut, akan dibangun menggunakan Dana Desa (DD). Pasalnya, jalan yang membelah area pesawahan tersebut di nilai sangat dibutuhan warga sebagai sarana aktifitas. “Saya rasa akan lebih baik, jika jalan tersebut dapat diaktifkan kembali,” ujar kades yang biasa disapa Jibeng itu.

Sebelum dibangun jalan, lanjut Jibeng, pihaknya lebih dulu membangun turap di tepian yang rencananya akan dibangunkan jalan tersebut. Karena tekstur tanah yang akan digunakan merupakan tanah sawah dan berada tepat ditepian kali. “Kalau gak pakai turap dulu percuma, akan cepat rusak juga,” katanya.

Dirinya juga mengaku, telah melakukan musyawarah bersama para petani setempat, mengingat, terdapat badan jalan yang di gunakan oleh para petani setempat untuk dijadikan bagian dari area sawahnya akibat tanah yang terkikis. “Tadinya emang jalan, cuma akibat sudah lama gak di pakai, jadi jalan itu seolah mati. Sebagian tanahnya terkikis oleh lahan pertanian. Tapi kita sudah musyawarah  dengan para petani untuk membangun lagi jalan tersebut,” paparnya.

Sementara salah satu petani, Agus (39), mengaku senang jika jalan tersebut akan diaktifkan kembali, karena bisa membantu usahanya bertani. Khususnya akses jalan yang sering kali dikeluhkan petani, akibat harga padi yang ditawar murah oleh para tengkulak. “Jalan itu memang dulunya aktif, namun bertahun-tahu sudah gak lagi aktif. Jangankan pakai motor, jalan aja susah. Dan kalau mau di bangun kembali, saya sangat senang,” ujarnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template