Ada Kolom Aliran Kepercayaan di Kartu Keluarga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada Kolom Aliran Kepercayaan di Kartu Keluarga

Ada Kolom Aliran Kepercayaan di Kartu Keluarga

Written By Admin Raka on Jumat, 27 Juli 2018 | 12.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sejak Selasa (24/7), kartu keluarga (KK) keluaran terbaru resmi diterbitkan. Masyarakat yang hendak mengajukan KK baru, syarat dan ketentuannya masih sama seperti biasa. Namun kolom di KK keluaran barunya akan muncul tambahan tanggal perkawinan, golongan darah, nomor paspor bahkan aliran kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kasie Pelayanan Kecamatan Cilamaya Wetan Ibrahim mengatakan, membuat KK saat ini syaratnya seperti biasa melampirkan berkas selengkap-lengkapnya, mulai KK lama, surat nikah, akta lahir, copy ijazah terakhir dan copy KTP suami istri. Namun, penerbitan KK baru sudah disampaikan kepada para kepala desa, akan ada sedikit perbedaannya. Antara lain kolom-kolom tambahan seperti tanggal perkawinan yang tercatat, dan mengosongkannya kalau nikahnya belum tercatat di KUA alias kawin Amil dengan catatan, sebut Ibrahim harus melampirkan pernyataan pertanggungjawaban mutlak sebagaimana format Kemendagri dari yang bersangkutan atas status perkawinannya yang belum tercatat di KUA.

Kemudian sambung Ibrahim, ada juga kolom golongan darah, nomor paspor, Kewarganegaraan Tetap (KITAP) bahkan sampai kolom aliran kepercayaan kepada Tuhan. Itu didasarkan atas hasil keputusan MK yang suratnya mulai disebarkan Kemendagri dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) dengan Nomor 471.14/10666/Dukcatpil, yang khusus dikeluarkan Kemendagri kaitan penerbitan KK bagi penghayat kepercayaan Tuhan YME. "Kita sudah sampaikan kepada semua kades, bahwa ada penerbitan KK baru dengan tambahan kolom. Tapi KK yang kemarin masih tetap berlaku kalau gak ada perubahan," katanya.

Ibrahim menambahkan, dalam KK juga tidak dianjurkan melulu setiap pekerjaan dicantumkannya wiraswasta, karena akan menyulitkan pihak BPJS. Sehingga ada baiknya pekerjaan itu diganti menjadi buruh tani misalnya. Perubahan-perubahan ini memang belum banyak terbitannya karena baru, tapi demikian dia berharap masyarakat bisa diberi pemahaman. Sebab, KK itu nantinya menjadi data kependudukan super lengkap. Positifnya jika data lengkap, membuat akta yang seharusnya melampirkan surat nikah, tidak perlu lagi karena tanggal perkawinan tercatat dalam KK. Begitupun dengan pembuatan KTP elektronik, bisa lebih mudah dengan KK tersebut. "Jadi KK ini menjadi data super lengkap. Membuat akta dan KTP elektronik nantinya juga bisa cukup dengan KK ini. Gak perlu lampiran surat nikah lagi dan lainnya," katanya.

Soal aliran kepercayaan masuk kolom, formatnya sebut Ibrahim, sudah ada. Karena aliran kepercayaan ini bukanlah masuk dalam kolom agama, tapi terpisah sendiri kalau seandainya yang bersangkutan pindah dari agama ke aliran kepercayaan tersebut. Ini sebutnya adalah hasil dari gugatan keputusan MK yang diberlakukan. Sehingga kalau agama itu ada 6 yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Khong Hu Chu, jika pindah ke aliran maka masuknya ke aliran kepercayaan, bukan di kolom agama. "Itu kan hasil keputusan MK, Kemendagri memberi ruang bagi yang menganut aliran kepercayaan kepada Tuhan YME," pungkasnya.(rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template